Resiko Jadi Ibu Bekerja

Belakangan mulai deh ngerasain galau seperti yang dialami duluan oleh temen-temen lainnya sesama ibu bekerja. Yes…udah beberapa kali mamaku sakit, belum jelas juga sakit apa, masih rencana untuk periksa lebih lanjut ke dokter. Mamaku usianya emang udah di atas 50, tepatnya berapa, beliau pun kurang tahu. Yang jelas sih, fisik dia sekarang udah mulai menurun, kurus sekali, sempet aku ngerasa kecil hati karena belum bisa membahagiakan beliau.

Yang ada aku menambah beban beliau dengan menitipkan nda. Sampai akhirnya kemarin, nda2 ikut nganterin aku ke kantor dan selepasnya nganter, mau diajakin jalan sama papanya. Tapi begitu nyampe kantor dan mau oper dia di depan, dia mewek kejer gak mau lepas dari gendongan. Dan ini pertama kalinya aku pake acara paksa ke dia, ninggalin dia sementara dia masih nangis dan teriak-teriak panggil aku. Hati emak mana yang gak nyesss ngeliat reaksi anak kayak gitu. Udah kayak adegan sinetron aja dimana Han Wen dan Pai Su Cen berpisah, halah…

Sampai kantor, pikiran gak konsen dan kangen berat sama nda2 plus kepikiran mama. Putar otak cari solusi gimana nda2 ditinggal kerja, beberapa pilihan melintas, cari pengasuh…daycare…ya pilihan terakhir yang keliatannya masuk akal. Kalo pengasuh, banyak halangan. Pertama soal dia bakalan bobok dimana, maklum rumah kami udah mepet kemana-mana. Kalopun ada ruangan, udah dipake gudang. Cari yang pulang sore susah, ada sih tapi maunya nda2 ikut dia, kalo caranya begitu mendingan daycare deh….takut kalo nda2 bakalan dicuekin dan ditinggal ngurus yang lain.

Cari-cari day care, nemu beberapa yang cocok. Tempatnya lumayan deket. Jadi kalo mau antar jemput gak syusyeh. Daycare pertama ditelp, rupanya sudah pindah ke tempat yang jauhhhhhhh bangetttt, hadeh….padahal oke sip punya nih day carenya. Day care kedua, murah dan yang punya kan yayasan katolik, eh… penuh sajo…gak bisa geser ya mbak? Dikira bemo??? Daycare ketiga, deket rumah, jalan kaki pun sampek. Tapi kog ada pelajaran mengaji? Oke, mungkin pelajarannya bisa diskip. Iseng-iseng tanya sama pengelolanya.

“Mbak…ini daycarenya umum atau khusus muslim ya?”

“Umum buk…”

“Oh gitu. Tapi kog ada jam sholat dan pelajaran mengaji ya?”

“Oh iya. Itu khusus yang muslim”

“Oh gitu, kalau yang non muslim, ngapain dong?” pertanyaan polos.

“Ya gak ngapa-ngapain buk”

“Ruangnya terpisah?”

“Tidak, jadi satu. Disini ada yang non muslim juga, mereka ya ikut-ikutan sholat bareng temennya gitu….”

Sudah jelas lah ya. Bukan apa-apa sih, gak mau nda2 bingung aja, di rumah dia diajakin berdoa, di sekolah diajarin sholat. Itu aja sih, tidak ada maksud buat dikriminasi. Lebih cocok kalo daycare yang bener-bener umum aja deh…

Seandainya beneran bisa bikin day care sendiri…

Akhirnya setelah ngobrol sama papa, rupanya ada adik ipar yang setuju buat jaga nda2…syukurlah, ya semoga nda2 gak rewel. Dan semoga solusi ini yang terbaik, kalo gagal juga cari daycare, gagal lagi cari pengasuh, gagal lagi…kepaksa absen dari kerjaan.

Yang jelas, mama akan lakukan yang terbaik buat kamu nda2. Suatu hari nanti Amanda pasti ngerti kenapa mama memilih bekerja di luar rumah ketimbang diam di rumah. Semuanya mama lakukan juga buat masa depan terbaik buat kamu. Dan kita sama-sama tahu resikonya, semoga kamu bisa mengerti. Dan yang utama, cinta mama kepadamu gak bisa diukur dari seberapa seringnya mama ada di dekat kamu, karena walaupun jauh, hati mama selalu dekat denganmu. Karena dimanapun hati seorang mama selalu ingin berada dekat dengan anaknya, dekat dengan orang yang paling dicintainya.

Jalan Jalan Terus…

Aku sama papanda sejak pacaran lanjut tunangan emang demen banget jalan2 pake motor. Bahkan sewaktu sama2 single pun, sudah suka keluar kota naek motor. Kalo aku sih paling jauh masih seputaran jawa timur aja, deket2 surabaya,tauk deh papa…kayaknya dia udah kemana2.

Tapi sejak nikah lanjut punya anak ini, mulai deh gk kuat berkendaraan jauh. Tapi gk ada pilihan hihihihi…kalo nurutin males, ya gak bakalan kemana2, lah kita emang belum dikasih rejeki buat beli mobil. Kemarin2 sempet mau ambil mobkas, tapi dipikir2, ditimbang2, kayaknya belum butuh saat ini, ya balik lagi naek motor kemana2. Dan Puji Tuhan udah beberapa bulan ini ngrasa nyaman dengan motor baru kami, Vario. Bodinya yang gede, pas banget buat kami, bagasinya juga gede trus depan juga bisa buat naruh tas, papa juga nyaman nyetirnya secara kan ini motor matic.

Kemarin pertama kalinya keluar kota pake vario ya sewaktu jalan2 ke taman safari, dan gak disangka, nyaman banget makenya…gk kerasa pegel seperti yang aku takutkan. Sip dah pokoknya…gk nyesel kasih ijin buat papa beli motor ini hihihihi…

Ini bukan pesan sponsor loh hihihi…walo papanda eks karyawan honda 😆

Nah hari libur adalah saatnya jalan2 pake vario ini….

Dalam bulan ini, kita jalan2 ke Sidoarjo….gak ada niat ikut sebelumnya. Apalagi ini ceritanya, pergi kesananya pake motor temen papa. Sebelumnya papa tukeran motor sama temennya, selagi motor yang dipake kerja papa sedang diservis. Nah ke sidoarjo ini, mau ambil si vario. Hehehehe….dipikir2 sambil sekalian jalan2, kita ngikut deh sama papa, kangen juga sama vario.

Dan beneran nda juga kangen, begitu mengenali si vario yang diparkir depan rumah dia udah pengen naik aja….

image

Nih foto bukti gimana dia seneng banget sama si vario hihihi…

Saat mau pulang, inget kalo kita berada gk jauh dari rumah luluk, ya udah capcus bikin janji dengan bundanya inot dan mampir ke rumahnya.

Dan gk seperti biasanya dong….nda2 demen dan betah banget maen sama mas inot dan feel at home di rumah budhe luluk…sempet kaget sama pK hihihi tapi balik lagi heboh maen sama mas inot yang ganteng priyayi itu.

image

Luluk pasti marah fotonua aku pajang hahahaha…secara doa belum mandi….kapan2 maen lagi ya budhe….

Trus liburan berikutnya, kami jalan2 bersama vario, kali ini ke rumah om dan tanteku, itu tuh yang punya anak seumuran dengan nda2. Dan masih dong seperti dulu….amanda dan zahra gak akur hihihi…

Yang bikin kaget, kalo dulu nda2 lebih gede ktimbang kakaknya itu, sekarang kebalap dong? Zahra sekarang gendut dan tinggi sementara nda sejak mulai jalan, pertambahan bbnya lambat.

image

Pulangnya mampir di soto cak har di jembatan merr 2, beuuhhh rame bangetttttzzz…pembeli itu kayak gk ada abis2nya, rahasianya opo to cak? Denger2 nih dari tukang jual es deket kantor yang ngaku tetanggaan sama cak har, katanya cak har ini orang tajir yang buaekkkk di kampungnya hahahaha,…..ini kog nggosipin orangnya bukan review makanannya.

Yang jelas ya pasti uenakkkk puolll sotonya, endang bambang…. kaldunya kerasaaaa…..berapa ekor ayam dikorbanin nih : lol:  pokoknya musti balik nanti.

image

Selesai disana, kita bukannya pulang, malah lanjut ke mall. Gak capek bok? Capek sih tapi happy. Capeknya bukan selama jalannya tapi capek ngejar2 nda2 plus gendong2 dia hihihi…

Mana datang ke mallnya kepagian, anak kicik lari2 di parkiran, emaknya ngos2an ngejar….

Di mall cuman ke playground, makan lagiiiiiiii….hahaha belum sore udah makan 3 kali.

image

Sayang bulan ini gk ada tanggal merah, ya udah tunggu bulan november deh….ada apa dengan november? Rahasia dong….

Posted from WordPress for Android

Mejeng Dulu Yeee…

image

image

Hari ini judulnya bergaya hihihihihi….
Bergaya ngebahas penampilan hari ini, apalah bahasa kerennya, pokoknya ini cuman pengen majang foto doang :mrgreen:

Dress bunga mama plus belt : no branded, beli di Sky-Atum Mall.

Sepatu mama  : Symbolize-Atum Mall, lagi diskon….   info penting nih, sapa tahu ada yg tertarik hihihi…

Tas mama : Dapat gretongan dari giveaway mbak novi yang punya uniquecraft

Cakep deh tasnya, udah pernah dipajang fotonya disini, coklat manis dengan detil mawar2 kecil….sukaaaa.

Gelang mama : bukan beli di atum mall tapi bakule ya pecinta atum juga hihihihi….sapa lagi kalo bukan tante Ndutyke yang ngehits itu. Gelangnya dari mutiara2 gitu trus bandulnya mawar pink, cucok sama antingku yg juga mawar pink hihihi….

Ini contoh foto gelangnya, tapi ini warnanya marun bukan pink seperti punyaku, namanya kalo gk salah Audria Bracelet *towel oddy*

image

Dress mawar gede nda :no branded, beli juga di Atum Mall.

Sepatu nda : no branded juga, belinya juga di salah satu baby shop di Atum mall hihihi….hidup Atum Mall.

Sebenernya nda juga pake hairclipnya mommycraft tapi gak keliatan, soalnya kecil hihihihi….cocok dengan bajunya, sama2 mawar merah.

image

Nih contoh jepitnya, ambil di IGnya mommycraft….cakep kan?

Udah sekian mejengnya….ini juga kebetulan aja tampil cakep, biasanya dandan ala kadar kalo ke gereja.

Posted from WordPress for Android

Ulang Bulan ke22

Kepengen banget ngeblog tapi makin kesini, makin susah buat ngeblog karena kerjaan numpuk *datang-datang curhat*

Hari ini nda genap 22 bulan umurnya yang berarti 2 bulan lagi dia genap 2 tahun. Ngrasa cepet banget gak sih waktu berputar? Seperti baru kemarinnnn aja aku ngelahirin eh ini bocah udah gede aja.

image

Bayi ndut, si pipi gembul udah bertumbuh menjadi batita centil yang gemar goyangin pantat :mrgreen: Badannya gak segendut dulu, kurusan karena banyak tingkah, gak bisa diem, ada aja yang dikerjain.

image

Mainin boneka, boneka dikasih susu, didorong di dalam troly atau diciumin sambil puk2 persis sama dengan kebiasaanku cium2 dan puk2 dia. Main boneka ini aman ketimbang mainin kucing kan, walau mesti rajin2 ngebersihin boneka sih….tapi mending lah ketimbang dia kecakar lagi.

Maen pretending sama papa, pura2 suap2an. Serius banget mainnya, sampai bergaya menguyah makanan pula. Trus kalau aku tiba2 pelukin papa, dia suka teriak dan marah, rebutan papa deh, lalu aku bilang “papa pek…” trus dia nyahutin “pek….pek”  sambil gelendotan di lengan papa. Anak ini emang demen banget bilang “pek….pek” maksudnya bukan pempek *jadi laper* apalagi gopek….bukan tapi pek itu dari bahasa jawa yang artinya “punyamu, aku ambil, ini punyaku” panjang banget artinya 😆 kurang lebih gitu deh, syusah ngejelasinnya.

Doyan banget sama permen dan es krim tapi mulai susah makan nasi. Sebel kan…..kalo ada permen yupi pasti deh dia kalap. Pernah satu kali maen ke rumah temen dagang papa. Eh nda2 betah dan gak mau pulang. Tumben kan? Ya gara2 temennya papa itu punya toko jajan, dan stok yupinya banyakkkkk banget dan beragam, pantesan nda2 betah….

Masih susah diajarin ngomong…..
Pernah sekali waktu, aku ngajakin ngomong sambil nunjukin foto bertiga.
“Ini sapa ?” Tanyaku
“Papa…mama…Nta-nta (nda-nda)” nunjukin satu2 foto dan jawabannya tepat
Besoknya ditanya hal yang sama.
“Ini foto sapa ya?”
“Papa….”berenti.
“Benar. Trus ini?”
“Papa…papa…pepe” tunjukin satu2, alamak….@$/@¥¥;#/

image

image

Yah…seperti kata luluk, ini anak irit kalo ngomong tapi tingkahnya buanyakkkk banget. Tapi banyak hal bikin kita kagum sama dia, salah satunya perhatian amanda ke papa mama. Kalo papa mama pulang kerja, nda2 heboh menyambut kita di pintu, giliran kita lepas sendal, dia antusias naruh sendal kita ke lemari yang emang disediakan buat simpen sepatu, manis banget gak sih? Kebalikannya kalo kita mau pergi, nda2 ikutan sibuk, tahu sibuk apa? Ambilin papanya sendal, ambilin mamanya helm, ambilin jaket, masukin bonekanya ke dalam tas. Kalo salah satu kita gak pake helm pasti dia protes, helm gak dikancingin pun dia protes…..hihihihi….so sweet deh anak mama. Rajinnnn bener, moga2 sampai kamu besar ya nak, rajin terus.

Di sekolah minggu juga makin pinterrr, mau lipat tangan saat berdoa, gak pake diteriakin….walau matanya belum mau merem sih. Kalo disuruh merem, yang ada malah dia tutup muka pake kedua telapak tangannya kayak kalau mau disuruh bobok hihihihi….Kalo urusan nyanyi, belum ada suaraaaa tapi jogetnya asoyyyy…asal jangan joget cesar aja ya nak 😆

Yah….waktu berjalan sangat cepat…..si anak bayiiiii….bisa tetep dipanggil bayi kan? Semoga sehat selalu ya nak, mama papa sayang kamu selaluuuu…Tuhan Yesus memberkatimu dengan kesehatan, pertumbuhan iman dan jasmani yang lengkap dan sehat. Aminnn. Selamat ulang bulan nda….

Posted from WordPress for Android