Rumah Sakit Bersalin Yang Oke Gak Pake Mahal

Hihihihi judulnya agak gimana gitu ya…ya abis kemarin selama window shopping cari rumah sakit buat lahiran adek lumayan rempong, pengennya dapat rumah sakit yang pro lahiran normal, pro asi, pro imd, rooming in dan kalau bisa murahhh… :mrgreen: dan sungguh kecewa kebanyakan rumah sakit yang memenuhi semua kriteria itu mehong. Apalagi kami musti menyiapkan budget cadangan kalau saja aku gagal vbac dan terpaksa caesar. Dari hasil window shopping, ada beberapa rumah sakit yang menjadi pertimbangan kami, rumah sakit itu antara lain : RSIA Kendangsari, RSIA Lombok Dua-Dua yang dua-duanya bikin kami mundur teratur gara-gara ngeliat price list mereka šŸ˜† untuk kelas III caesar saja sudah di atas 10 juta šŸ˜‰ Rumah sakit yang kami pertimbankan berikutnya adalah RS Dr. Ramelan, budgetnya sih masuk tapi waktu kami telepon kesana menanyakan apakah nanti saat lahiran aku bisa menjalani IMD dan jawaban mereka tidak menyakinkan, kurang tenaga katanya…ya udah lah dicoret lagi dari daftar.

Hampir aku putus asa dan pasrah aja deh mau lahiran dimana aja tapi yang jelas gak mau balik ke rumah sakit SMS, tempat kakak lahir…trauma irama deh. Gak tahunya saat browsing, aku baca review seorang ibu yang ngelahirin di RSIA IBI Dupak, Surabaya dan reviewnya itu bagus, memenuhi semua kriteria yang kami cari. Karena letak RSIA IBI ini gak jauh dari kantor maka kami putuskan pulang kerja coba datang kesana untuk tanya-tanya. Setibanya kami disana, kami disambut seorang bidan dan mereka ramah sekali, menjelaskan secara detail bagaimana pelayanan disana, dari diskusi kami, kami berkesimpulan kalau ini adalah rumah sakit yang kami cari. Pro ASI, Pro IMD, Rooming In dan tentunya masuk budget kami. Untuk pelayanan kelahiran normal mulai dari harga 3 juta, sedangkan untuk caesar mulai dari harga 7 juta. Harga tersebut tidak termasuk biaya obat-obatan, lab atau tindakan tambahan lainnya. Dan plusnya lagi saat aku browsing lagi mencari dsog yang pro lahiran normal dan biasa menangani vbac, nemu deh dr.Marsianto yang prakteknya juga di RSIA IBI. Woaaa…seperti mendapat jawaban doa dari surga deh, legaaa banget dan mantap untuk lahiran disana.

Dan memang selama beberapa hari aku bolak-balik di RSIA IBI, pelayanan mereka bagus banget. Bidan dan susternya ramah dan enak diajak diskusi, pengetahuan mereka soal asi pun oke. Sesudah bayi lahir, langsung IMD. Kemudian bayi diobservasi sebentar tanpa dikasih minum apapun sampai akhirnya dibawa ke kamarku untuk akhirnya rooming in dan bisa segera minum asi dari gentong mamanya hihihi. Oh ya ada kejadian, ada satu pasien yang seruangan denganku, dia melahirkan secara caesar dan kebetulan bayinya memang bayi yang aktif, sepanjang malam nangis mulu hehehe, si ibu jadi gak bisa istirahat dan si ayah akhirnya minta supaya bayinya dikasih susu formula saja. Respon si suster rada jutek sih, si suster bilang bisa ambil susu formula di bawah dengan tanda tangan satu formulir tapi rumah sakit tidak menyediakan botol dot jadi silahkan beli sendiri. Seneng deh dengernya, berarti rumah sakit ini beneran pro ASI. Saat-saat tertentu juga ada suster senior yang datang ke kamar untuk tanya apa ada kesulitan dalam menyusui juga mengajarkan cara menggendong dan posisi menyusui.

Pagi hari beberapa suster masuk ke kamar kami dan memandikan bayi di depan kami sehingga kami para ibu-ibu terutama ibu-ibu baru bisa belajar bagaimana memandikan bayi. Seneng banget deh, betah sekali di rumah sakit, walau aku ambil kelas 3 pelayanan mereka tetep oke. Makanan yang disediakan disana juga makanan yang bener-bener bergisi, cocok untuk ibu menyusui dan tiap pagi selalu ada segelas kacang hijau hangat buat kami. Kita tahu kacang hijau bagus untuk ibu menyusui dan kebiasaan minum kacang hijau ini berlanjut hingga hari ini karena aku ngerasa kacang hijau ini bener-bener bisa bikin asi lancar jaya hehehe.

Sebelum pulang, ada konsultan gisi yang masuk ke kamar kami dan menjelaskan kebutuhan gisi untuk ibu menyusui, tata cara pemberian asi eksklusif hingga tata cara pengenalan MPASI pada bayi. Sip deh, dengan begini kan ibu-ibu baru bisa tahu apa itu asi eksklusif, berapa lama asi eksklusif musti dijalankan dan apa itu mpasi, bagaimana tata caranya, semuanya jelas. Seandainya oh seandainya waktu melahirkan kakak bisa nemu rumah sakit sekece ini, nasib nasi sudah jadi bubur hehehe, ya sudahlah…bersyukur kakak sehat-sehat dan tumbuh jadi anak yang cerdas, Puji Tuhan. Harapanku adek bisa mendapatkan haknya untuk ASI eksklusif, minimal sampai 6 bulan, dengan awal pemilihan rumah sakit yang tepat ini bisa jadi penyemangat buatku untuk meneruskan perjuangan untuk memberi asi buat Adek.

Dan hari ini sudah seminggu aku ngantor dan sukses jadi ibu perah. Sejauh ini masih lancar jaya, hasil perahan setiap hari masih surplus 1-2 botol ex UC, Puji Tuhan dan stok asi beku juga aman hehehe…semoga seterusnya lancar karena pumping di kantor tidak mudah, kalau ada bos datang kepaksa ngumpet di ruangan yang dulu bekas kamar mandi…pumping sambil berdiri dan keringatan hihihi. Terima kasih juga buat sahabat-sahabat blogger yang kemarin menghadiahkan breastpump unimom alegro buatku, ini jadi pelecut semangat juga buat keep pumping everyday. Segitu dulu deh review RSIA IBI, semoga bisa jadi bahan pertimbangan buat calon-calon ibu yang sekarang lagi window shopping cari-cari rumah sakit bersalin yang bagus di surabaya. Maklum seringnya kalau googling rumah sakit pro asi di surabaya munculnya kebanyakan yang muncul cuman RSIA Kendangsari, RSIA Husada Utama dkk yang rata-rata budgetnya lumayan mehong, sedangkan RSIA IBI yang bagus ini hampir gak ada review kalau kita googling di mbah google. Ya semoga habis direview ini trus banyak peminatnya, tarif pelayanannya gak ikutan naik hihihihi…

Advertisements

24 thoughts on “Rumah Sakit Bersalin Yang Oke Gak Pake Mahal

  1. Wah aku ikut senang mar….semangat ya maria….Agatha semoga sehat terus…

    Sssst…aku juga lagi nyari RS dan SPOG yang cucok sekarang…doain ketemu ya,,, šŸ™‚

  2. Pingback: Perjalanan ASIX 6 Bulan | My Personal Diary

  3. Hi mba mary. Trims sharingnya yah. Mo coba ke dupak. Mb qonitafitri minta infonya yah klo lahiran di phc gmn? Mahal ga?
    Thx before

    Salam kenal bunda2 cantiik

  4. Hi bunda …. Tengkyu bunda mary sharingnya. Tar mo cona nanya2 ke dupak. Bunda qonitafitri minta infonya ya klo di Rs Phc gmn servis nya? Krn phc deket rumah

    Thx before
    Salam kenal yah bunda2 cantiiik

    • Sy kurang tahu persisnya ya, hasil googling jalan raya dupak no.15A. Dari PGS ato Dupak Grosir jalan lurus, bisa tanya orang bun. Gampang banget kog carinya.

  5. Alhamdulillah,,, Istri saya jg hbis nglahirin di IBI Dupak… Proses berjalan lancar dengan ditangani Dokter2 yg Ahli dlm bidangnya… Subhanallah pelayanan jg sangat memuaskan. Semua mulai dari Dokter, Bidan dan Perawat serta petugas Parkir/Securitynya pun sangat ramah2… Recomended banget ini RSIA IBI Dupak. Jangan Ragu untuk kesini wahai Calon Ibu2 yg baik… Saya ucapkan banyak Trima Kasih Kpd Dokter M. Yusuf yg mulai awal kehamilan sampai proses persalinan telah memberikan yg terbaik pada kami. Tidak lupa buat Bidan Vita beserta crew yg sudah banyak membantu kami. Smoga Allah senantiasa memberikan kesehatan pada panjenengan semua. Aamiin…

  6. halo bun,
    share dong bunda sebelum lahiran di IBI, bunda periksa dimana dan dokternya siapa ? kalo misal sebelumnya aku periksa kandungan di dokter lain trus maunya lahiran di IBI Dupak bisa gak ya bun ?
    makasi bunda review nya, aku kayaknya tertarik banget mau lahiran di IBI, banyak sodara sm tetangga yg rekomendasikan ke situ.

    • Sy periksa di ibi dgn dokter marsianto, bisa aja sih periksa dgn dokter lain dulu baru bersalinnya sama beliau tapi sebaiknya sesekali bunda konsul kesana biar dia tahu kondisi bunda. Ya klu berdasar pengalaman yg sy tulis, rs ini rekomended šŸ˜Š

  7. Di phc bun termasuk mahal..menurut saya
    Karna pake bpjs pun kelas 2 cuma di cover 2jt
    Jd total lahiran normal 9jt
    Dicover cuma 2jt..jd sisanya bayar 7 jt
    Mending ke rumah sakit lombok 22 kls 3 normal 7 jt

  8. 8 tahun yang lalu saya lahiran juga di di RSIA IBI. Semua bidan dan dokternya baik, benar2 mengusahakan utk normal. Utk tarifnya pun hemat. Sangat memuaskan deh.

Thanks For Your Comments, GBU =)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s