Minggu Berduka

Udah lama gk berbagi disini. Sekalinya berbagi, yg diceritain adalah kejadian yg gk enak. Tapi tetap mau sy ceritain krn ini bakalan jadi cerita yg gk bakalan sy lupa seumur hidup.

Minggu lalu tepatnya tgl 13 Mei 2018. Sy seperti biasanya nganterin anak ke sekolah minggu. Berhubung si kakak pelayanan angklung bareng sekolahan di lain gereja, sy cuman nganter si adek. Sy berangkat dari rumah jam 8.15 an, baru keluar rumah eh…ada banyak chat wa di grup mahmud. Kirain apaan ya, sy buka walau posisi sy naik di boncengan motor. Eh Memo bilang ada bom di surabaya! Sy kaget dan tanya dimana, Memo jawab di gereja, gereja mana…Memo jawab gereja arjuna, diponegoro, ngagel. Seketika jantung sy deg…

Yang dapat kado bom ternyata salah duanya ternyata gereja sy dan gereja mamah. Seketika sy shock, pegang hape di tangan sambil nangis gemeteran. Motor kami tetep jalan sampai gereja. Keadaan depan gereja sudah kacau. Banyak polisi dan kerumunan orang. Sy sempet muterin gereja, ragu2 mau terusin sekolah minggu apa gk. Akhirnya memutuskan libur dulu. Lalu paniikk, mikirin si kakak yang belum pulang pelayanan, si oma yang kemungkinan ke gereja diponegoro, keluarga suami juga.

Cepet2 sy mampir ke rumah uti dan Puji Tuhan semua keluarga aman, walau sempet kakak ipar sy jadi saksi mata kejadian karena dia ambil ibadah pagi. Sementara itu suami sy jemput kakak di sekolah, grup sekolah udah rame banget, ibu2 pada panik nyelamatin anak masing2…sy beneran takut karena jauh dari si kakak. Puji Tuhan suami segera bawa kakak pulang dan kami langsung balik ke rumah oma. Oma ternyata sudah pulang dengan keadaan selamat. Sy tanya, oma ke gereja mana.. dia jawab diponegoro. Sy langsung pelukin oma…duh mamah, ada bom…Puji Tuhan mamah selamat, ujar mamah sy. Tadi gk ada apa2…kata oma…gereja rame banget.

Sy bersyukur banget keluarga sy bisa selamat. Tapi sebentar sy sedih karena dengar kabar dari suami yang siangnya balik ke gereja. Temen suami yang merupakan satpam gereja jadi korban dan kritis keadaannya. Trus anak tukang parkir yang juga bantuin papanya jaga parkiran depan belum diketemukan. Dan selang beberapa jam sy baru tahu ternyata korbannya banyak dan semuanya meninggal, kecuali temen suami yg satpam tadi.

Kebetulan suami memang lumayan dekat dengan banyak orang di seputaran gereja, dari tukang parkir, satpam, orang warung kopi, tambal ban, tukang becak jadi ya gitu dia sedikit shock tahu temannya jadi korban.

Dari sana bergulir banyak cerita pedih. Dari si anak tukang parkir Mas Budi yang namanya Daniel. Usianya baru 15 tahun. Dia meninggal di tempat dalam keadaan menggenaskan karena dia yang menghalangi mobil bomber yang mau merangsek masuk gereja. Umpama tidak ada dia, entah jadi apa minggu itu 😒😒

Daniel ini sudah kehilangan ibu dari dia masih berusia dua tahun. Dia tinggal bersama nenek dan kakaknya. Si Mas Budi ayahnya sudah menikah lagi. Setiap harinya Daniel membantu ayahnya menjaga parkir gereja menggantikan kakeknya yang lebih dulu jaga parkir. Sy jarang ketemu sih sama Daniel ini…kalau sama ayahnya sering. Sedih jadinya…tapi sy yakin, di surga sanalah, Daniel sudah bertemu sang ibu yang dirindukan.

Cerita lainnya dari cik bing bing yang adalah teman sepelayanan uti. Usianya sudah bukan muda lagi. Hidupnya dihabiskan dengan melayani Tuhan dan tinggal di asrama gereja. Sampai akhirnya dipertemukan dengan jodohnya. Seorang pendeta yang sudah lama ditinggal meninggal istrinya. Mereka berdua akan menikah bulan September dan satu hari sebelum kejadian, mereka bertunangan 😒😒… tidak sangka Minggu pagi harinya, maut lebih dulu menjemput Cik bing bing. Sumpah sy nangis dengerin ceritanya… selama itu menanti jodoh dan secepat itu maut juga memisahkan.

Beneran kejadian ini gk akan pernah sy lupakan. Walau sy bukan saksi mata kejadian, namun mendengar dan melihat orang orang yg sy kenal menjadi korban, hati sy menangis. Sy tidak habis pikir dengan apa yang dipikirkan orang2 yang telah tega melakukan bom bunuh diri ini. Apalagi mereka membawa serta anak anak mereka. Sedih banget…. anak2 mereka seusia anak anak sy dan juga ponakan sy… entahlah. Sampai hari ini peristiwa ini membuat sy sedih, setiap video kejadian ditayangkan di tv, sy ingin menangis. Berharap semua segera pulih dan Indonesia kembali aman. Sy percaya ada rencana Tuhan yang indah di balik semua peristiwa pilu. Jujur ini membawa luka dan ketakutan tapi sy yakin ada Tuhan di pihak kita, orang orang yang senantiasa berlindung di bawah tanganNya yang kuat.

Advertisements

Cita-cita untuk Kartini kecilku

Tulisan ini terinpirasi dari statusnya mamahetty di sosmed beliau (((beliauuu))) berasa dia sesepuh gw πŸ˜…πŸ˜… soal cita2 anak *ehemmm…* 

Saya tuh kan salah satu big fansnya mr presiden dan juga suka ngamatin menteri di kabinet beliau terutama yg wece. Apalagi bu Sri dan bu Susyiii yang kesohor sama gayanya yg kece, otaknya yg encer dan dedikasinya yg tinggi sama pekerjaan. Dannnn….spt kebanyakan ibu pada umumnya, sy punya doa moga2 salah satu anak sy atau dua2nya juga bolehhh, bisa seperti mereka!! Makanya kalo ndampingin si kakak belajar sy musti ngoceh di belakang “kak, yg pinter… biar bisa jadi bu mentriiii…” 

Trusss….belakangan kog rasa2nya niat sy yang luhur dan mulia ituuuu…*ehemmm* kog berasa pupus gitu aja. Gegara ngelihat berita mr ahok yg notabene pejabat negara yang oke oce…eh…πŸ˜›kogg ya, ada aja yang pengen ngerusuhi dia sampai kena kasus penistaan agama. Yang mana bisa dinilai kesalahan beliau adalah semata karena double minoritas.

Trus apa kabar anak gw ntarrr kalo jadi pejabat negara spt beliau???? Anak eike kan juga minoritass makkkk…. Gk sanggup sy kalo harus ngeliat anakku dibully seindonesia raya dengan tuduhan yang belum tentu bener 100% hanya karena anakku gak seagama sama sono.

Sy mah ibu biasa. Sy gk semulia Bunda Maria….yang rela anaknya disiksa, disalib, diteriakin macam penjahat hanya karena menjalankan misi yang mungkin tidak bisa diterima masyarakat. Yang emang sih Yesus hanya anak titipan di rahim beliau. Tapi ngegedeinnya kan lama cinnn, penuh air mata. Tentu saja beliau sama kayak sy, yang ngeliat anak kejedot dikit aja udah nangis cirembaiii…sayang sama anak. Makanya kalo lihat film passion of the Christ sy suka skip bagian beliau nangis lihat Yesus disiksa. Sy bisa ngerasain pilu hatinya seperti apa lihat anaknya digituin depan mata.

Dan tentu saja sy gk setabah dan setegar ibundanya koh Ahok (((kokoh))) sok ikrib gw πŸ˜…πŸ˜… jadi yaweslah nak, gimana kalo cita2nya kamu jadi bu guru apa bu dokter ya, sama2 luhur dan mulia wkwkwkwk…. *emak cemennn*

Ya udahlah ini emang postingan geje biar blognya gak berdebuuu…

Selamat paskah buat teman yg kemarin merayakan. Dan selamat hari Kartini, ladiessss…

She is walking…

Halooo…apa kabar??? Duh sy bener2 kangen sama dunia blogger. Kangen nulis. Kangen bw, kangen balesin komen. 

Terakhir saya belum cerita ya tentang perkembangan adek akhir2 ini… Iya, dalam waktu hampir dua bulan ini, adek bisa jalan !! Yayy…

Padahal dalam dua bulan ini adek bolos terapi. Pertama karena surat pengantar adek abis masanya, mau diperpanjan kog…ada aja urusan sampai tertunda2. Plus liburan…bikin tambah males hahaha.

Tapi waktu itu kita tetep latih adek jalan. Dan sy bertekad gak mau titah adek lagi. Sy cuma mau gandeng satu tangan. Mulanya adek gak mau, keluar deh dramanya…tantrumnya dan segala jurus buat bikin saya goyah. Lama2 adek terbiasa digandeng satu tangan. Trus papanya suka nglatih buat adek jalan satu dua langkah. Sampai akhirnya makin panjang langkahnya dan adek bisa jalan…

Oh ya dalam dua bulan ini adek gk mau dipakein sepatu terapinya. Kalo dipakein malah gk mau jalan sama sekali. Begitu dilepas, dia dengan senang hati berjalan hehehe. Emang cara jalan adek rada aneh sih, klu sy bilang…jalannya mirip pinguin. Tapi so far, sy mencoba berpikir positif dan bersyukur…karena doa sy sudah terkabul. Puji Tuhan.

Melihat dia mondar mandir berjalan, rasanya hati berbunga bunga. Seperti sebuah mimpi yang berubah jadi nyata…say bersyukurrr banget. Dan tak lupa thanks buat support dan doa teman teman disini ya. Adek udah bisa jalan !! Yayy…

Roller Coaster

Kalo ada yg ngikutin sy di sosmed pasti tahu kalo akhir2 ini sy suka curcol soal kegalauan sy tentang tumbuh kembang adek. Memang complicated sih permasalahannya. Sy gak bisa jabarin satu satu tapi yang jelas sy sampai di titik dimana sy gak tahu musti ngapain, atau mungkin tahu yg musti sy lakukan tapi gk bisa melakukannya.

Sampai sy sering berpikir “Saya nih siapa sih, Tuhan. Sy bukan org yang beriman kuat, ahli agama atau apa lah… saya nih orang biasa, kenapa sih sy mendapat ujian yang kayaknya di luar kemampuan sy buat menanggung” lebay sih tapi memang itu yg saya rasa. Saya bukan orang yang rajin banget beribadah, sy juga bukan orang yang terlalu religius. Kalo dikasih score, mungkin score sy rata-rata hehehe. Nah setau saya yang mendapat ujian besar itu hanya orang orang special semisal kalo di alkitab itu Abraham, Yusuf, orang orang yang deket sama Tuhan. 

Saya ini juga bukan ibu yang berhati samudera, seperti seorang ibu yang sering muncul di timeline fb sy, dia memiliki anak yang terlahir buta namun dia bisa membesarkan anaknya dengan luar biasa. Sy mah gk sehebat ibu itu. Kalo boleh memilih sy maunya punya anak yang bertumbuh normal, fine2 aja gk ada masalah. Sumbu sabar sy itu pendek banget, sy gak yakin bisa setulus itu menyayangi anak saya. Pasti ada bagian dimana sy mulai membandingkan mereka dengan anak lain. Walo terkadang ada waktu saya sadar kalo saya sangat cinta sama mereka dan cinta itu bisa melebihi apapun. Tapi terkadang sy jadi takut jika sumbu sabar sy terbatas, bukannya sy bisa melecut semangat mereka bertumbuh, malahan yang sy lakukan akan menyakiti mereka. Ya intinya saya tidak yakin dengan kekuatan hati saya sendiri.

Kemudian  muncul juga pemikiran begini…ya mungkin ini semacam tegoran kali buat sy sama suami supaya lebih sungguh2 beribadah hehe. Jadi anggaplah seperti itu. Saya lebih terima alasan ini. Walo terkadang kog saya ini gak bisa beneran ngejalanin niatan. Niatan buat lebih banyak berdoa, berpuasa dan lebih banyak cari Tuhan. Ada aja malesnya, ada aja waktu saya ngambek sama Tuhan… Niatan buat lebih banyak sepakat sama suami pun susahnya minta ampun. Kita selalu sukar untuk satu pemikiran. Ujung2nya berantem mulu πŸ˜•

Cara berpikir sy tentang adek juga up and down. Kadang sy bisa sangat optimis. Yakin adek bakalan ada progress dalam waktu dekat. Tapi selanjutnya saya ngomel aja sepanjang hari karena adek moodnya kacau dan mogok diajak ngapa2in. Nah disitu balik lagi saya pengen buat keputusan nekat tapi kemudian sy urungkan karena kepikiran lain lain. Repot ya… 

Itulah kira kira perasaan saya akhir2 ini. Mirip roller coaster. Naik turun gak pasti. Sebisa mungkin sy menahan diri biar gak curcol blak2an aja di sosmed, walo terkadang sy butuh pelampiasan. Sy butuh teman. Tapi sy sadar kalo semua tidak akan membantu kalo dalam diri sy masih aja kacau 😧

Doakan sy cepet waras ya dan menerima hidup dengan ikhlas ya teman teman. Tak lupa banyak bersyukur. Makanya ini sy hidupin yutube buat banyakin denger lagu rohani biar sy beneran cepet sembuh dari kekacauan hahaha…

OOTD Si biru cantikΒ 

Kamis minggu lalu saya menghadiri undangan pernikahan teman kantor. Sempet galau saat menentukan baju yang serasi buat berempat. Saya rencananya pake baju hitam dan rok kotak warna biru, trus mikir anak2 ada gak ya baju yang kira2 cocok dengan baju saya. Paling tidak warnanya sama2 biru. Trus keinget satu stok baju baru mereka yang belum kepake. Baju ini bikinan budhe mereka. Kain polosnya ngambil dari sisa kain baju oma. Tinggal nambahin kain katun motif hello kity plus renda buat aksen. Sementara krahnya dibikin model cheongsam.

Saya gk punya foto saat kondangan. Adanya foto saat nganter mereka sunday school. Kaos yg saya pakai juga cocok ya sama baju mereka 😄 

Lebaran 2016

Lebaran kali ini sesuatu banget. Karena Puji Tuhan kita sudah ada mobil yg bisa dibuat mudik rame2. Jadi mimpi sy buat mudik ke rumah keluarga omanya anak2 di lamongan Puji Tuhan terkabul di tahun ini. Begitupun kerinduan sy akan kota nganjuk, kampung halaman suami pun terobati tahun ini.

Mulanya mau berangkat mepet lebaran tapi rupanya kakak ipar bikin persekutuan doa di rumah hari senin, H-2 lebaran. Jadilah kita berangkat hari minggunya. Kita menuju Lamongan dulu. Yang mana pake acara nyasar pula. Nyasarnya jauh pula, bikin males buat puter baliknya 😥

Akhirnya setelah melewati jalanan, hutan jati dan ladang jagung kita nyampe juga. Bahagia banget ngeliat keluarga yg udah nungguin di depan rumah terutama nenek sy dari sepupunya omanya anak2. Kakek nenek kandung sy sendiri sudah lama tiada. 

Anak2 mandi, makan, sy bagi2 thr hehehe, kelar sekitar 2 jaman. Lanjut ke Nganjuk. Eh nyasar lagi 😣 kebablasan sampai pusat kotanya. Piye to pak supir? *puk-puk suami* Menjelang tharawih kita nyampek. Langsung makan soto ayam buatan kakak ipar dan tidur. 

Besoknya pagi2 kita sibuk masak. Hari ini selain ada persekutuan doa, kita juga bagi bagi nasi kotak ke tetangga. Bagi2 tugas sesuai keahlian 😅Kakak ipar kedua sy masak soto dan ayam bumbu rujak, istri dari kakak ipar lelaki sy bikin mie goreng dan tumis buncis. Adik ipar sy berdua bikin pastel goreng. Sy kebagian bikin puding sutra. Kakak ipar sy yg pertama kebagian nyupir…nyuci piring 😅😅

Selese acara ponakan2 cowok maen petasan dan kembang api bareng omnya. Saya ngangon anak bareng ipar2 sy sambil ngeliatin kembang api.Trus kepikiran mau ke pasar malem deket rumah.

Pasar malemnya berada di lapangan besar yg lumayan lega dan terang bgt. Kalo di surabaya, pasar malamnya kodam cenderung remang2, disini sebaliknya. Jadi sy langsung suka. Gk terlalu banyak jg pengunjungnya jadi bisa bebas duduk2 di rumput2nya. 

Disana anak2 puas main, para dewasa beli ina inu yg murce2 lucu sambil ngemil2 cantik 😝

Mainan hasil perburuan ank2, hasil perburuan emaknya gk usah dipajang 😝

Pulang dari sana, maen petasan lagi sampek anak2 bosen trus bobok. 

Besoknya kita jalan2 ke kediri. Tujuan utamanya adalah po sarang demi memenuhi nasar sy dulu. Jadi dulu sy pernah berdoa disana memohon agar dikaruniai momongan dan sy janji klu sy beneran dikasih, sy bakalan balik kesana bareng anak2 saya.

Kita sebelumnya sudah dua kali kesana tapi tetep aja nyasar lagi 😅😅 Tapi Puji Tuhan bisa nyampek juga. Kita gk lama2 disana. Sy sekedar berdoa bentar sambil keliling ngikutin jalan salib. Jadi selain ada patung bunda Maria, juga ada jalan salib, jalanannya sengaja dibikin naik turun supaya kita lebih menghayati gimana perjalanan Tuhan Yesus memikul salib hingga bukit Golgota. Ada tujuh perhentian (cmiiw) dan di setiap perhentian ada patung adegan Tuhan Yesus memikul salib, jatuh dua kali, diberi minum seorang murid perempuannya hingga penyaliban dan kubur kosong tanda Dia sudah bangkit.

Seperti yg saya bilang tadi jalanannya naik turun, banyak tangga2, alhasil kita pegel naik turunin stroller adik. Untung ada tiga ponakan laki yg badannya udah besar2 😅 Tapi masih mending lah ketimbang sy harus gantian gendong adek, bisa lebih gempor. Doain ya, tahun depan balik sini, adek udah bisa jalan sendiri ya. I hope πŸ™‚ Rasanya ini jadi nasar sy berikutnya deh. Kalo adek bisa segera jalan, sy mau balik kesini buat berdoa.

Tuh kan jalannya naik turun tangga

Selanjutnya hari hari berikutnya kita kunjung saudara2 karena memang sudah memasuki idul fitri. Semestinya sy pengen lanjut liburan ke trenggalek buat maen ke pantai tapi karena waktunya udah mepet, mesti jemput oma juga hehehe, akhirnya gak jadi deh. Moga2 tahun depan bisa jadi tujuan jalan2 baru ya. Amin

Gitu deh acara lebaran tahun ini. Udah terlalu basi sebenernya buat diceritain tapi gak apa2lah buat kenang2an hehehe. Yang jelas libur lebaran kali ini jauh lebih berkesan ketimbang tahun lalu. Bersyukur banget!