Menyusui Di Tempat Umum

Kalo kemarin saya curhat soal adek yang tumbuh kembangnya lambat, saya tiba-tiba merasa gak adil kalo saya gak mensyukuri bahwa sampai hari ini saya tetap bisa menyusui dengan lancar hingga usia adek 13 bulan ini. Bersyukur banget ya, semuanya dimudahkan jalannya. Walopun hasil asip saya kadang banyak, kadang dikit, tapi cukup buat adek. Adek ini susah makan jadi banyakan minum susunya, saya khawatir gak bakalan cukup asipnya tapi Puji Tuhan sampai kemarin cukup-cukup saja sih. Semoga hari ini saya bisa kasih asip yang cukup juga buat persediaan besok hehehe. Yah…perjuangannya setiap hari buibu, dan setiap hari pula saya deg-degan takut asip di rumah tidak cukup.

Oh ya buibu ngomongin soal menyusui nih, saya pernah ketemu seorang busui. Dia cerita kalo kesulitan dia dalam menyusui adalah gimana nyusuin di tempat umum. Saya kasih tipsnya ke dia, juga tawarin buat dia cari-cari baju yang nyaman untuk menyusui bla…bla..bla.. tapi ujung-ujungnya dia tidak dengerin saran saya malah besoknya saya ketemu dia, dia kasih dot ke anaknya. Saya malas nanya itu isinya sufor atau asip, ntar saya disangka kepo atau usil hihihi…ya sudahlah bukan urusan saya juga.

Nah, buibu yang menyusui saya cuman berbagi tips aja kog ala-ala saya kalo menyusui di tempat umum itu gimana sebaiknya. Buat ibu-ibu muda yang baru menyusui seperti saya pasti bingung juga. Karena itu ijikan saya berbagi pengalaman ya buibu, buat tambahan referensi para busui atau bumil-bumil cantik yang juga siap untuk menyusui.

1. Yang musti kita adalah berpakaianlah yang nyaman untuk menyusui.

Sempet waktu lalu, ketika saya hamil, saya udah browsing nih mau beli apron menyusui. Lihat sana lihat sini, saya putusin gak beli! wkwkwkwkwk… ya saya pikir bakalan ribet dan gerah musti pasang apronnya, walo dibilang apronnya dari bahan yang adem, tetep saja saya merasa malas. Pikir saya udahlah pake pasmina aja kalo memang perlu. Hemat! 😆

Dan bener dong…adek ini paling gak suka kalo nyusu trus harus ribet ini itu dulu. Suka gak sabaran gitu deh. Udah tarik-tarik baju sambil goyang-goyang heboh di pangkuan saya hehehe…Jadi deh saya cari baju menyusui yang enak dipakai dan kalo mau nyusuin tinggal buka gitu deh. Saya lebih suka bukaan depan atau samping tanpa resleting ya. Lebih gampang dan cepet gitu menurut saya…

Udah banyak baju menyusui yang dijual online kog buibu. Di butik-butik baju hamil juga banyak dijual baju untuk menyusui. Saya juga beli di olshop. Ada mamigaya, miracle moms, chic mommy collection, trus pernah saya juga beli di mamahamil.com dan terakhir yang modelnya bagus-bagus di nyonyanursingwear. Kalo yang di nyonya itu saya gak beli hehehe, lumayan soalnya harganya. Tapi banyak yang rekomen kalo bahan yang dipakai bagus.

Yang mau hemat ya bisa, manfaatkan aja cardigan kalo anda pengen pake kaus santai. Saya sering jalan-jalan sama si adek pake kaus santai,bawahannya rok/ celana yang menutup sampe atas puser trus ditambah cardigan. Kalo saya menyusui tinggal tarik kaos keatas, bagian perut saya tertutup oleh badan bayi sementara bagian samping dan belakang terlindung oleh cardigan 🙂

Atau buibu nyaman pake apron bisa dicoba juga…

2. Bukan hanya baju menyusui, jangan lupa pakailah bra menyusui yang nyaman.

Percuma juga kalo pake baju menyusui tapi branya tidak 😛 Sia-sia dong…

3. Latihan deh di rumah.

Iya, latihan di rumah kalo belum pede bawa bayi keluar rumah. Cari posisi senyaman mungkin, gimana biar ibu nyaman, bayipun senang. Jangan sampai karena kita ribet pengen nutupin badan, si adek bayi malah gak nyaman waktu nyusu atau malahan kesulitan bernafas, amit-amit dah. Latihan begini juga buat siapin mental, biar kita nyantai aja nyusuin di tempat umum karena biasanya banyak mata ngeliatin ke kita. Seperti saya kalo nyusuin adek waktu dia ikut sunday school, banyak buibu yang ngeliatin saya hihihihi…

4. Menyusui bayi sebelum berangkat.

Ini paling pas deh….jadi waktu sampai di tempat acara kita gak bingung nyusuin dan si adek bayi juga gak kehausan hehehe. Tapi ini sering kali gak berlaku buat saya soalnya tahu sendiri kalo pergi ribetnya gimana, nyiapin satu balita dan satu bayi rempong luar binasa hahahaha…apalagi jamnya mefet. Padahal kalo ini diterapkan, enak loh…si bayi gak cranky minta susu di tempat acara dan kita bisa menikmati berpergian. Seperti kemarin saya waktu menghadiri pernikahan salah satu teman lama. Saya dijemput dari kerjaan mefet waktunya, belum lagi dandan dan menyiapkan anak-anak jadi alamat deh gak sempet nyusuin adek di rumah. Alhasil saya kurang bisa menikmati acara, adek nemplok kayak koala hahahaha…jadi sepanjang pesta saya nyusuin adek muluk, gak bisa say hai ke teman-teman lama huuuu….sedih kan.

5. Cari nursing room.

Ini buat yang masih gak pede dilirikin orang waktu menyusui, silahkan mencari nursing room. Fasilitas nursing room sudah banyak dibuat dimana-mana termasuk tempat wisata seperti Jatim Park I. Sayangnya kemarin nursing roomnya jauh dari food court dan kolam renang yang strategis dan biasanya jadi tempat istirahat buat yang habis jalan-jalan. Sampai amsyong saya naik turun ke nursing room akhirnya saya memilih nyusuin di pinggir kolam renang saja kebetulan kolam renang sepiiii hehehe…

10249230_841879329194125_1238296704_n

Nursing Room Jatim Park I

6. Percaya diri.

Yes…biarin aja orang ngeliatin kita dengan pandangan aneh, cuek saja toh kita memang sedang menjalankan kewajiban kita untuk kasih makan anak kan. Malahan pernah saya liat sendiri ibu-ibu lagi berburu baju diskonan sambil nyusuin bayinya tanpa penutup, iya tetikadinya kemana-mana hahahaha. Seharusnya kita yang sudah menyusui dengan rapi lebih pede dong, ya kan. Ibu happy anakpun kenyang 😀

Perjalanan ASIX 6 Bulan

Yayyy…6 bulan sudah perjalanan asix adek. Puji Tuhan bisa melewati hari demi hari dan sampailah ke 6 bulan, bagiku ini sebuah keajaiban karena sebelumnya si kakak gagal asix. Tapi bisa dibilang kalau perjalanan ini tidaklah semudah yang dibayangkan, bekal ilmu yang didapat dari seminar kemarin-kemarin diuji beneran selama perjalanan ini.

Tantangan menyusui pertama biasanya adalah saat memilih tenaga kesehatan termasuk rumah sakit yang mendukung atau tidak. Puji Tuhan tantangan ini terlewati dengan mulus. Cerita lengkapnya soal rumah sakit tempat adek lahir bisa dibaca disini.

Tantangan kedua biasanya dari keluarga atau lingkungan. Puji Tuhan keluarga sangat mendukung! Yaaa…bersyukur punya oma asi dan papa asi hehehe… mereka berdua sangat support. Tidak pernah satu katapun dari mereka yang melemahkan semangat. The mamah juga sangat kooperatif, ya Puji Tuhan banget beliau gak pernah mencampuri dalam cara atau pola asuh aku terhadap anak-anak, termasuk di dalamnya soal menyusui, makan dsbnya, beliau percaya penuh kalau keputusan yang aku ambil pastilah yang terbaik buat cucu-cucunya. Papa juga tentunya sangat mendukung…ya bener-bener mendukung, dia dengan senang hati mengambil tanggung jawab terhadap beberapa tugas pekerjaan rumah atau sekedar mengasuh si kakak demi kelancaran menyusui. Terima kasih Tuhan untuk keberadaan mereka berdua.

Kalau untuk lingkungan kerja sih aku belum pernah mengkomunikasikan perihal mompa dengan si bos jadi ya curi-curi waktu, mompa sambil ngerjain tugas. Berhubung kami satu kantor cuman 5 orang cewek semua, jadi tidak ada kendala. Tapi kalau si bos datang ini yang bikin sumpek, musti sembunyi buat mompa. Sebenernya bisa sih aku coba bicara pada bos tapi melihat dan mengenal karakter si bos kayaknya bakalan susah nego sama dia. Jadi sementara sembunyi mompa saja dulu. Kebetulan ada ruangan yang dulunya dipake buat kamar mandi yang bisa dibuat tempat persembunyian sih 😛

Puji Tuhan lagi, aku berada di lingkungan teman-teman yang support. Meski ada temen kantor yang anaknya minum sufor tapi dia selalu memberi support juga untuk aku pumping hehehe. Juga temen-temen blogger yang walaupun belum pernah ketemu langsung tapi support mereka terasa sekali. Hadiah dari kalian sangat membantu loh, pompa unimomnya ini jadi sahabat menyusui yang ideal sampai hari ini. Rasanya terima kasih aja gak cukup deh buat kalian, semoga ada kesempatan membalas kebaikan kalian satu per satu.

Tantangan ketiga adalah dari diri sendiri. Ini terjadi dalam bulan-bulan awal kelahiran. Adek rewel, sempet nolak nyusu, badanku capek pasca melahirkan dan lain-lain sebab bikin aku sempet setres. Belum lagi ngadepin growth spurt, agatha nemplok seharian…badan berasa rontok dah. Terkadang di fase ini ibu-ibu baru merasa capek bahkan mengira asi tidak cukup karena bayi kog nyusu mulu, untung udah belajar di seminar, kalau emang ada masanya si bayi bakalan nyusu mulu karena lagi growth spurt alias percepatan pertumbuhan. Balik lagi Puji Tuhan punya keluarga asi jadi bisa konsen nyusuin dan tidak diribetkan urusan rumah. Bener kata orang kalau nyusuin itu sulit di awalnya aja, ya karena musti adaptasi dengan si bayi, belum lagi ngadepin growth spurt tadi, capek-capek deh… bisa bikin kita nyerah….dua tiga bulan setelahnya akan lebih mudah, percaya deh. Kuncinya sih ngelewati tantangan ini, sebaiknya mengomunikasikan semua dengan orang rumah ya, minta dukungan gitu loh…supaya pekerjaan rumah bisa terhandle dan kita bisa tenang nyusuin. Tapi memang sih kadang ada yang harus seorang diri mengurus bayi tanpa suami tanpa keluarga, di tengah kesibukan ibu rumah tangga tsb tetap bisa menyusui, salut buat kalian 🙂 Puji Tuhan juga stresnya gak berlangsung lama. Kembali kerja semua kembali normal lagi. Memang ada positifnya juga sih balik kerja, bisa ketemu teman-teman yang bisa bikin mood jadi balik ceria lagi.

Tantangan keempat : Mengumpulkan asip. Tantangan ini tidak terlampau berat karena saya benar-benar menikmati saat-saat harus mompa sambil bergadang nonton youtube hihihi. Tidak terasa dua freeser hampir penuh, freeser rumah Oma sama freeser rumah Uti. Rasanya hati berbunga-bunga melihat kumpulan asip itu, lebih berharga dari setumpuk uang hihihi.

Tantangan kelima : Mengajar si adek minum asip. Pertamanya sangat idealis, pengen pake sendok! Takut dia bingung puting. Tapi gagal, asip banyak tumpah dan sepertinya oma juga gak nyaman pake cara seperti ini. Akhirnya hunting botol dot yang oke buat adek, dari semua review, aku mengerucutkan pilihan ke botol dot back to naturenya Tomme Tippie dan botol dot Pigeon Peristaltic. Pilihanpun jatuh ke Pigeon karena nyari tomme tippie itu susah, pengen beli online, waktunya sudah mepet dan saat itu lagi libur hari raya, olshopnya tutup. Dicobain pertama kali sukses dilepeh sama adek T__T berkali-kali dicobain sembari emaknya udah sembunyi tetep aja si adek gak mau minum. Karena udah kepepet sama cuti yang habis, maka terpaksa meninggalkan adek berdua dengan Oma sembari doa komat-kamit semoga adek mau nyusu pake dot dan Puji Tuhan karena kepepet akhirnya adek mau minum juga. Duh kasihan kamu dek… Puji Tuhan juga sejauh ini belum pernah bingung puting, duh getok-getok meja jangan sampai deh kejadian… Lucunya si adek ini kalo ndak kepepet haus, mau minum pake dotnya cuman sama Oma, kalau papanya yang minumin dia nolak hahahaha. Lucunya lagi setiap abis susu di dot, dia tangkis dotnya sampai terlempar jauh. Yaeleh dek segitunya kamu sebel sama si dot 😛

Tantangan keenam : Lampu mati. Iyes bolak-balik lampu mati selama 6 bulan ini. Bikin sebel sampai sering ngomelin petugas PLN. Puji Tuhan semua terlewati. Pernah satu malam, listrik mati dari jam 00 sampai 12 siang 😦 Semaleman gak bisa tidur, badan rontok mikirin nasib asip. Pagi-pagi semua dibungkus trus dipindah ke freeser rumah Uti dan akupun bolos kerja demi bisa menyusui adek.

Tantangan ketujuh : Asi seret!! Ini terjadi sampai hari ini. Asiku tidak sederas 3 bulan pertama. Dulu sekali mompa bisa dapat 120-180ml sekarang cuman 90-120ml saja. Lebih sering di angka 90nya. Ini bener bikin aku sedih. Ironis sekali, waktu lalu asipku berlimpah sampai 2 freeser trus karena adek kurang suka asip beku terpaksa sebagian besar asip didonorkan ke seorang kenalan uti dan sekarang… buat diminum adek saja kurang apalagi didonorkan? Sudah tidak bisa. Menyesal sudah mendonorkan asip? Jujur ada perasaan itu sedikit tapi balik lagi percaya bahwa kalau aku memperhatikan kebutuhan anak orang lain, aku yakin Tuhan pun memperhatikan kebutuhan adek, aminn…ya, dia tidak akan kekurangan. Tiap hari berdoa yang dipikirin cuma gimana cara balikin asip seperti semula. Semua booster udah dicoba gak terlalu ngefek. Termasuk si pare yang terkenal ampuh itu. Efek yang ada malahan aku diare 😛

Yahh…caraku untuk mengatasi tantangan ini cuman mempersering pompa di kantor. Kalau biasanya pompa cuma 3 kali sekarang 4 kali. Begitu juga di rumah, kalau dulu malam dipake untuk istrahat, sekarang dua kali mompa, tengah malam dan subuh. Capek emang tapi ya sudahlah dijalani saja. Aku juga berusaha mengendalikan pikiran, mana hari-hari ini ada masalah keluarga yang berat, lumayan bikin asip ngedrop sih. Beberapa kali juga sakit trus pernah sehari tidak bisa mompa gara-gara dipindahin ke kantor satunya dimana suasana kerja tidak mendukung. Komplit dah, campur-campur bikin asip seret. Sisa asip di freeser tinggal 30an botol, bisakah asix sampai 2 tahun? Udah lah aku gak mau terlalu mentarget, malah bikin setres. Aku percaya satu hal saja, kalau anakku tidak akan berkekurangan, yes…Tuhan pasti mencukupkan semua. Aminn…

Itu sih 7 tantangan yang dalam 6 bulan ini aku alami, semoga ke depannya bisa diberi kelancaran lebih lagi. Belum sanggup rasanya kalau harus menyapih si anak bayi… menyusui adalah salah satu pengalaman terindahku yang sulit tidak bisa ditukar apapun. Kesimpulannya menyusui itu sepertinya hal yang alamiah tapi untuk bisa sukses menyusui ternyata butuh disiplin tinggi, komitmen dan pengorbanan. Semangat juga buat ibu-ibu menyusui di luar sana, salut dengan perjuangan kalian, semoga bisa meraih kesuksesan seperti kalian. Amin…