Review MPSufor 10M & First Playdate

Mau update dulu nih cerita soal MPSufornya nda2 di bulan ke 10. Tidak banyak pengenalan bahan baru karena nda2 sempet teething jadi ogah-ogahan makan plus mamanya beberapa waktu lalu sempet sakit *alasan dibuat-buat, aslinya karena males*

Bahan-bahan makanan yang dikenalkan ke Amanda di bulan 10 kemarin, antara lain :

Sayuran     : Terong, Kangkung

Protein       : Ikan lele, teri basah

Buah-buahan : Semangka, Kelengkeng

Karbohidrat : Macaroni

Sedikit ya? Aku saja baru sadar nih, dikit banget yang aku kenalin ke Amanda. Gak apa-apa deh, ntar di bulan ini coba kenalin lebih banyak.

Sehat selalu ya Nda, maem ya banyak…

Milestonenya Amanda sejauh ini sih, duduknya udah lincah, merangkaknya juga semakin gesit, udah mulai berdiri-berdiri tapi masih ogah kalau dititah. Semoga di bulan-bulan ini, dia mulai semangat mau belajar jalan, gak sabar pengen ngajakin Amanda jalan pagi :mrgreen:

Menunya Nda2

Trus mau cerita nih, beberapa hari lalu salah satu temen lama ngajakin kita ketemuan di Tunjungan Plaza. Aslinya sih males ya karena pulang kerja udah malem dan bawaannya ngantuk dan pegel tapi karena kita rencana mau mempertemukan Amanda dengan anak pertama mereka, Dev, langsung semangat deh berangkat.

Tiba jam 7 malem trus langsung cus ketemuan di KFC, kita makan bentar sembari melihat dua bocah saling bertatap muka, genit-genitan, saling lempar senyuman, trus ngoceh berdua gak jelas :mrgreen: Gemes deh ngeliat nda2 yang biasanya cuek seperti waktu ketemu Zahra, eh giliran ketemu baby boy ganteng kayak Dev langsung bawaannya ketawa mulu, bahkan waktu duduk berdua, Nda2 peluk-peluk dari belakang. Hadehhh…belum-belum anak Mama udah bisa genit sama cowok, berondong pula, lebih muda 3 bulan sih hihihihi…..jadi mikir ini anak niru sapa ya???

Dari KFC kita maen ke playground dan ini pertama kalinya Nda2 maen di playground. Seru abis, nda2 gak mau diem, muterin playground terus panjat-panjat mainan…ampyun deh. Lucunya si Dev ikut merangkak di belakangnya. Dan si Dev ini punya kebiasaan kalau merangkak, kepalanya nunduk ke bawah, bukannya lihat depan….jadi sempet ada accident kecil, ketika Dev merangkak sambil nunduk gitu, eh si nda2 putar badan trus mungkin maksud hati nda2 mau ngajakin bercanda kali ya eh…malah nindihin si Dev sampai nangis…huaaa…idungnya mimisan pulak! Ampun…untung gak apa-apa dan Mamanya gak nuntut ganti rugi 😆

Sampai jam setengah sembilan dimana Dev udah rewel ngajak bobok, si Nda2 masih aja muterin playground plus mandi bola terus….heran….padahal tadi maemnya bubur beras bukan baterai energizer loh 😆 gak ada capeknya! Padahal ketika kita pulang, dia bobok sepanjang jalan sampai rumah….

Pokoknya kemarin happy banget kita menghabiskan waktu bersama. Jadi kepengen bawa Nda2 maen ke playground lagi. Atau ada ibu-ibu yang punya anak ganteng, mau ngajakin playdate berikutnya? 😉

Dev & Nda2

Mama & Nda2

Nda2 & Playground

Review MPSufor Bulan Ke-9

Lanjut yuk…kita ngebahas perkembangan MPSufornya Amanda. Di bulan ke-9 kemarin maemnya Nda makin bervariasi dan aku bisa mencoba banyak-banyak resep buat Amanda. Bahan-bahan makanan yang diperkenalkan di bulan ke-9 ini di antaranya adalah :

Karbohidrat : Ubi cilembu

Protein : Ikan Gurami

Sayuran : Jamur, Lobak, Bit Root

Buah : Kiwi, Anggur

Kacang-kacangan : Kacang merah

Diary Product : Keju

Belum banyak sih, semestinya mau kenalin dia terong, belum juga sempet. Benernya udah ada terong di kulkas tapi kenapa setiap kali mau kasih jadi ragu hehehe. Mau kenalin dia juga sama macaroni tapi dimundurin sampai dengan kemarin, di usianya yang sudah 10 bulan hehehe.

Sejauh ini sih tidak ada masalah, baik tanda-tanda alergi ataupun GTM. Puji Tuhan deh. Hanya sedikit acara sembur-sembur kalau Amanda bosen atau ngantuk, gak mau makan. Sempet aku terpancing emosi saat Amanda mulai rewel waktu habiskan sarapannya, aku pukul lengannya dan dia malah nangis kenceng, buyar deh acara makan. Walopun digantiin sama Papa, Amanda tetep gak mau makan. Aku lari dulu ke kamar, nenangin diri hehe maklum saat itu aku emang lagi capek sepanjang pagi, plus datang bulan plus lagi sakit tenggorokan. Ngeliat muka polosnya Nda ngeliatin dari luar sembari nangis-nangis, hatiku pun luluh. Aku angkat dia dari high chair, gendong sebentar sambil minta maaf sama dia. Kemudian aku ajak dia duduk di bawah dan suapin dia pake tangan, akhirnya mau makan walau dikit-dikit.

Hemmm…jadi mikir nih, Tuhan baik ya, Amanda gak pernah GTM berkepanjangan, Tuhan tahu lah kalau aku gak punya stok sabar yang banyak, segitu aja, aku udah senewen. Maafin mama ya Nda. Untung ada si papa, yang lebih telaten nyuapin Amanda. Jadi ketimbang aku suapin Amanda buru-buru yang akhirnya malah berujung drama, mendingan tugas ini aku delegasikan kepada si papa, sementara aku cabut, ngurusin pekerjaan rumah lainnya.

Buat para mama papa yang anaknya lagi belajar makan selama MPASI atau MPSufor, hindari ya tindakan memukul seperti yang aku lakukan atau memaksa anak makan karena sepanjang yang aku baca dari pengalaman orang, tindakan seperti ini malah membuat si anak trauma dengan acara makan dan tiba saatnya nanti dia GTM berkepanjangan. Heh…semoga Amanda lupa sama perlakuanku hehehe, maafin mamanya Nak, Mama jadi feel guilty gini… 😦

Okay, sejauh ini bersyukur karena Amanda termasuk anak yang pinter maemnya. Teksturnya juga udah mulai kasar, terkadang sayurannya tidak lagi aku parut tapi aku potong kecil-kecil dan rebus sampai empuk, jadi bisa dikunyah dengan mudah sama Nda. Tekstur buburnya pun meningkat ke nasi tim. Aku kurang ngerti yah soal perbedaan tekstur bubur (maklum amatiran), yang jelas sekarang nasinya udah gak terlalu berair gitu tapi lebih padat menyerupai nasi lembek gitu lah. Dan untungnya maaf nih pupupnya gak pernah bermasalah, jadi bisa dibilang dia sudah siap naik tekstur ke makanan yang lebih padat. Dia juga jarang sembelit, pernah sih sembelit waktu genap usia 10 bulan, karena aku buatin pisang yoghurt, tapi begitu aku skip dan perbanyak makan pear, lancar jaya deh pupupnya.

Tumbuh kembangnya Amanda gimana? Yayy…mulai tanggal 7 kemarin, Amanda mulai bisa merangkak! Manisnya…dan kami berdua saksi mata pertama perkembangannya dia. Saat itu aku lagi makan, dia tertarik untuk mendekat karena ngeliat kalau menuku adalah sup kacang merah hehehe. Eh…aku perhatikan langkah diam-diamnya, ….dia tidak merayap tapi merangkak. Duh…kecup-kecup Nda, selamat ya nak. Semangat terus latihan merangkaknya ya nak. Walopun kalau dilihat, dia sering gak sabaran kalau pengen ambil mainannya, buru-buru dia merayap karena dengan cara begitu lebih cepet nyampeknya ketimbang dengan merangkak 😆

Oh ya sedikit sempilan cerita tentang Amanda, di bulan ini Amanda udah mulai tertarik dengan anak yang bawa jajan di depannya. Peer nih ngejauhin ponakan yang lagi jajan biar jauh-jauh dari Amanda. Eh…mereka malah makan es loli di depan Amanda sementara Amanda cuma ngeces gitu hehehe, untung dia gak ngeroyok. Terus kemarin juga dapat goodie bag dari sunday school karena kebetulan ada yang ulang tahun. Jajannya banyakkkkk….tapi yang ngabisin Papa dan Mama :mrgreen: Amanda belum boleh ya nak, cukup kamu gigitin bungkusnya aja *ditoyor Manda*

Di bulan ke-9 ada sedikit accident kecil. Lengan Amanda, di atas ketiak kena siram air panas sedikit. Gegara dia mau ambil botol minum susunya yang ditaruh di baskom, lah si papa lupa buang air rebusannya dan Mama lagi sibuk perhatikan milis ubek-ubek cari resep. Untung mataku meleng sedikit dan langsung pegangin tangannya Amanda, jadi cuma kecipratan dikit dan gak sampai tumpah tuh baskom. Seketika Amanda nangis kejer…besoknya baru tahu kalau lukanya gosong gitu dan sesuai saran temen, kita olesin lukanya pakai putih telur dan untunglah beberapa hari lukanya mengelupas dan sembuh, ada sedikit bekas luka tapi perlahan nanti, moga aja hilang bekas lukanya.

Ya sudahlah sekian dulu cuap-cuapnya. Semoga Amanda terus pinter maemnya dan sehat selalu. Amin…

Amanda 9 Month…

Review MPSufor 8 Bulan Nda2

Sudah lama banget aku gak cerita review MPSufornya Nda2, abis repot banget dengan kerjaan…mendekati lebaran, semakin banyak kerjaan numpuk di meja. Sejauh ini Nda2 tidak nampak tanda-tanda alergi terhadap makanan apapun dan tidak pernah GTM, sesuatu ya… 😀 *syahrince muncul*

Waktu MPSufor di bulan ketujuh mestinya mau kenalin Nda2 dengan terong tapi karena dia batuk dan si Papa gak ngijinin kasih terong, ya udin deh… gak jadi. Pending dulu, mungkin nanti ya deket-deket 10 bulan. Jadi selama bulan ke delapan, Nda2 berkenalan dengan jenis-jenis makanan sbb :

Karbohidrat : Roti gandum

Sayuran : Wortel, brokoli, sawi hijau, sawi putih, bayam, kembang kol.

Protein : Kuning telor, hati ayam

Dari deretan jenis makanan diatas yang dia gak doyan adalah roti gandum hehehe, mau dimodel apapun, pasti dilepeh sama dia, kalaupun mangap… ujung-ujungnya dilepeh lagi.

Dan pada bulan ke delapan ini, aku baru nyadar…anakku gak suka ngemil!! Jadi kalau kemarin emaknya repot banget nyari resep-resep cemilan, sekarang ogah hahaha…. habisnya ini anak ternyata gak doyan nyemil-nyemil, bawaanya dilepehin mulu. Alamat cemilan buat Nda2 habis aku makan daripada numpuk di kulkas dan basi…wah…kalau diterusin bisa-bisa emaknya gendut 😆 Bagus lah nak, gak usah nyemil-nyemil yah…makan buah sama sayur saja oke…!! *emak males*

Termasuk kemarin buat eksperimen biskuit banana oat pake microwave, jadi sih jadi, enak sih enak, Nda2nya yang gak mau….sekali gigit sudah deh…gak mau lagi. Kalau disuapin sih mangap tapi lamaaaaa abisnya, males ngunyah, hadeh… 😀  Ya sudahlah jadi sekarang nyetok buah banyak-banyak, Puji Tuhan, kalau buah pir potong langsung dari kulkas, dingin-dingin, dia mau gigit dan kunyah….kalau lihat ekspresinya gigit lucu deh, sambil goyangin kepala. Dingin-dingin seger gitu mungkin ya…

Oh ya hari kamis, minggu lalu, Nda2 sudah imunisasi campak. Berat badannya sekarang 9.75kg…pantesan berat…itu berat belum kepotong diapers. Panjang badannya kalau gak salah ingat sih 60 kali ya??? Trus lingkar kepala 45cm. Waktu 6 bulan kemarin dia sudah 9kg, jadi ya gak naek banyak ya di bulan ke sembilan ini…gak sampek sekilo, beda banget waktu dia masih umur-umur 1 sampai 4 bulan, naeknya cepet banget, ya abisnya dia cuman bobo nyusu aja, kalau sekarang kan dia makin banyak tingkah :mrgreen:

Semenjak MPSufor pun, jadi rutin belanja di SPM….hehehe…perputaran uang semakin kencang, tapi Puji Tuhan…melihat perkembangan Nda2, kantong menipis pun tidak masalah 😆 Seperti wiken kemarin, jalan-jalan ke Giant Diponegoro, Surabaya bareng Tio, ponakanku paling gede. Hemm… menyenangkan acara belanjanya… Nda2 kita taruh di troly yang depannya ada mobil-mobilan untuk anak-anak duduk. Untuk menjaga keamanan karena pintunya sering kebuka sendiri, kita ikat Nda2 pake kain gendongan hahaha…dia seneng banget, apalagi Mas Tio ini yang setia mendorong troly dan menemani dia berputar-putar. Waktu aku minta trolynya buat aku dorong sendiri, Mas Tio gak mau…heu heu…Mas satu ini sayang banget sama Nda2, telatennya dorong-dorong troly dan ngajakin Nda2a bercanda sepanjang acara belanja. Plus dia juga bantuin, ambil ikan gurami di kolam buat difillet untuk mamamnya Nda2. Hohoho…acara belanja yang seru abis…berasa punya dua anak yang kompak dan lucu-lucu.

Yang diborong selama belanja adalah…ini adalah penampakan kulkas yang awut-awutan alias sayuran dan buahnya belum sempet dipindahin ke wadah-wadah tertutup.

Oh ya durasi halah bahasanya….Nda2 duduk tegak lebih panjang. Dia sudah bisa duduk bareng kita di gereja tanpa dipegang atau dipangku, jadi bersandar sendiri gitu…hehehe…walaupun kalau duduk sendiri belum bisa, tapi dia sudah menunjukkan tanda-tanda mau duduk dan merangkak karena sudah sering sekali gayanya tengkurap jadi nungging-nungging gitu, pantatnya didorong-dorong ke atas sementara kaki belakangnya nekuk ke dalam…kadang nempelin mukanya ke lantai hehehe, kayak orang mau bersujud gitu.

Ya sudah deh…sekian dulu kabar-kabari dari emaknya Nda2…kembali lagi ke aktifitas pekerjaan yang ribet bin rumit. Sebagai penutup, mari kita lihat fotonya Nda2 bareng sepupu-sepupunya berpose… 😀

Bikin Cemilan Buat Nda2… :)

Pengen posting tapi apa daya kepalaku pagi ini mendadak sakit banget padahal kerjaan di kantor, banyak yang belum beres. Tadi pagi Papa nyuruh untuk cuti aja tapi kog ya mau ninggalin kerjaan itu hati gak srek takut ada masalah dan ujung-ujungnya temen kerja yang kerepotan, gak enak lah…

Melihat perkembangan Nda2 akhir-akhir ini, makin menggemaskan, walopun dia belum bisa duduk hingga hari ini di usianya yang menjelang 9 bulan, aku tetep bersyukur karena dia sehat-sehat terus. Selera makannya juga baik sejauh ini, jarang menjumpai GTM. Mangap-mangap terus disuapin Papanya… 🙂

Dan aku semakin tertantang untuk mencoba resep-resep buat bikin cemilan Nda2, trial n error pokoknya, habisan aku gak punya bakat masak.

Pertama bikin bola-bola Pochisjo..dapet dari milis mpasirumahan.

Kacang ijo dan kentang diuleni dengan keju, one bite snack. Rupanya aku salah ngerti, kacang ijonya aku rebus dan tidak aku saring, jadinya kebanyakan air jadi tidak bisa kalis :mrgreen: gimana mau dipegang Nda2, lah…blenyek gitu, jadinya disuapin dikit-dikit deh, ketimbang dibuang, sayang kan…lah dicoba tambahin kentang tetep aja gak kalis.

Kedua, bikin simple aple pancake.

Pertama bikin keenceran, jadi orak-arik telor gak jelas, buang ke sampah. Kebiasaanku kalo masak gagal, sering emosian, jadi deh buang langsung ke sampah, padahal sayang yah…mestinya dimakan saja emaknya walo gak enak 😆

Kedua bikin berhasil, enyak tapi gak bisa dibalik, terbelah jadi beberapa bagian. Kasih ke Nda2, buat breakfast eh dia mau batuk-batuk gitu tapi dimakan habis sama dia. Sisanya dimakan sore sambil dia guling-guling di kasur…abis, makan sambil ketawa-ketawa gitu…

Ketiga bikin…terlalu banyak tepung oatnya dan butternya kurang jadi gak seenak percobaan kedua. Tapi ini bisa bunder cantik gitu… Reaksi Nda2? Sama kayak percobaan kedua. Waktu dimakan breakfast, pengen batuk-batuk sampai mau hoek tapi sore dicemilin sambil guling-guling, abis…heran deh 🙂

Cemilan ketiga… Es Roti rasa buah.

Disebut es roti tapi bukan dari roti karena Nda2 belum kenalan sama roti, jadi buatnya dari tepung hunkwee yang dimasak campur dengan puree pear. Setelah dari kulkas, posisi dingin, dipotong-potong terus dibekuin…rasanya kayak roti tapi lembut.

Berhasil bikinnya walopun waktu tepung hunkweenya matang kog ragu dengan penampilannya yang mirip kanji gitu. Tapi ternyata hasilnya enak…begitu mau dikasihkan Nda2 hari ini, lah kog semalam Nda2 terserang batuk…gak jadi deh, dan si es roti tersimpan manis di kulkas belum dimakan dia.

Begitu tahu dia batuk, inget sama resep Apel Serbat. Capcus aku suruh Papanya Nda2 yang mandiin Nda2 dan aku langsung lari ke dapur. Berhasil buat dan rasanya enyak…hangat di tenggorokan.

Resepnya simple kog, ambil dari milis…

1 buah apel red delicious, potong kotak-kotak kecil.

(aku pake apel malang, karena hanya itu yang tersisa di kulkas)

Jahe sedikit, pala sedikit, kayu manis sebatang dan daun pandan disimpulkan 1 lembar

50ml air matang

50ml air jeruk manis (aku pake pear, karena jeruknya masih di toko hehehe)

Cara membuat :

Rebus apel dengan semua bahan sampai matang, jadi deh…

Simple resepnya…semoga Nda2 cepet sembuh dari batuknya deh. Sayang gak sempet dipoto-poto, karena dikejar jam…harus buru-buru ngantor.

Semenjak punya anak jadi pengen banget coba resep ini, coba resep itu, pengen beli oven, pengen kursus bikin kue, buanyakkk keinginan tapi belum bisa terwujud, semoga ke depannya bisa…semangat!!

Pengen cerita lain-lain tapi waktunya gak sempet, jadi sekian dulu ceritanya…met wiken ya 🙂

Ada yang punya resep cemilan yang gampil-gampil buat bayi 8 bulan? Tolong share ya…..thanks before 🙂

Review MPSufor 7 Bulan Nda2

Halo semuanya kita berjumpa kembali *jiah alay banget bahasanya kayak lagi siaran radio aja*

Kondisi badan hari ini tidak baik, sudah 3 hari ada aja sakit menyerang pertahanan tubuh. Mulai dari diare, muntah-muntah dan sekarang belum sembuh dari diare udah diserang virus flu.

Jadinya sekarang di atas jam 8 aku sudah tepar. Kalo Nda2 masih melek, maka dia ditangani oleh Papanya :mrgreen:

Pengennya sih ambil cuti buat istirahat tapi kog ya gak bisa tinggalin kerjaan yang seabrek-abrek di meja kantor. Kadang sih bawaannya pengen mengeluh aja, jam kerjaku ini bukan main gilanya. Dari hari Senin sampai Sabtu, jam 8 sampek jam 5 tapi kebanyakan pulang di atas jam 5 mendekati jam 6. Rasanya cuapek semua, apalagi kan aku juga punya peran seorang mama untuk bayi yang baru MPSufor, hemm capeknya bukan main…tapi dibawa bersyukur sajalah, toh masih banyak orang yang jam kerjanya lebih gila dari aku dan malah gak punya kesempatan buat ngurus rumah dan anak.

Makasih Tuhan Yesus, apapun yang aku rasakan hari ini, aku mau bilang terima kasih. Tuhan Yesus baik untuk selama-lamanya, amin.

Oh ya review sedikit soal MPSufornya Nda2, sejauh ini lancar-lancar aja tuh.

Dia lahap makannya kecuali belakangan ini dimana dia sakit. Diare plus batuk, kalau mau nelan makanan bawaannya pengen muntah mulu. Dan aku pun harus skip makanan berbau sayuran selama diarenya masih jalan, buah pun yang boleh masuk cuman apel sama pisang.

Untung ada milis mpasirumahan, jadi aku bisa tahu gimana manajemen MPSufor kalau anak lagi diare. Harus diet BRATY. Banana, Rice, Apple, Toast, Yoghurt. Jadi cuman 5 macam makanan itu yang boleh dikonsumsi selama diare. Berhubung Nda2 masih 7 bulan menjelang 8 bulan, maka dia belum boleh makan Toast alias roti panggang dan Yoghurt, jadi ya makannya cuma bubur nasi pake kaldu tanpa sayur dan cemilan buahnya hanya apel dan pisang.

Sejauh ini yang sudah diperkenalkan ke Amanda ketika genap umur 7 bulan adalah sbb :

Serelia : Kentang, Jagung

Sayuran : Zuchini

Buah : Jeruk, Melon

Protein : Ayam, Tahu

Biji-bijian : Kacang Hijau

Beberapa hari ke depan mau kenalin dia terong dan tempe. Sejauh ini tidak ada yang buat alergi. Hanya saja sehabis makan melon ini dia terserang batuk, makanya aku skip dulu melonnya padahal simpenan melon beku masih banyak di fresser.

Oh ya ngomongin melon beku, jadi kemarin-kemarin tuh aku coba metode frosen food untuk buah-buahan serta sayuran kecuali jeruk ya. Jadi malem tuh aku kukus, aku blender dan dibekukan pake ice tray. Kalau udah beku, dicongkel, masukin ke wadah lock n lock gitu. Sedikit menghemat tenaga karena kalau dikerjakan semuanya pagi, seringkali kejar-kejaran deh waktunya. Dan untuk urusan frosen food ini aku punya partner hebat, siapa lagi kalau bukan Papanya Nda2. Dia dengan senang hati membantu. Terus sempet blendernya rusak gara-gara ngeblender kentang yang masih panas-panas tanpa air pula. :mrgreen: korslet ceritanya, untung bisa segera diperbaiki dan bisa dipakai kembali, kalau tidak pusing deh karena ini senjata perangku 😀

Setelah kenal protein, aku jadi lebih antusias buat menunya Nda2. Merasa sok jadi koki hebat deh, asyik banget di dapur subuh-subuh, padahal badan gak oke. Jadwal makannya Nda2 sekarang masih sama, karbo 1 kali dan cemilan buahnya 2 kali.

Pertama kali mencoba ayam, aku masakin Nda2 Mashed Potato Chicken. Ambil resepnya dari milis mpasirumahan. Caranya sih gampang banget, kira-kira begini ya:

Bahannya :

Kentang yang ukuran sedang 1 buah

dikukus terus dihalusin pake blender atau saringan kawat.

Ayam cincang secukupnya

Bawang bombay

Kaldu ayam

Air secukupnya, kira-kira sih kemarin 100ml.

Cara masaknya :

Masak kaldu ayam, bawang bombay di panci atau penggorengan yang anti lengket. Masukan air, kentang dan ayam cincang. Sudah deh aduk aduk aja sampai mengental. Jadi deh…

Simple amat yah, hasilnya seperti adonan perkedel kentang :mrgreen:

Untuk ayam gilingnya ini juga seru ceritanya, si ayam langsung diimport dari negeri kelahiran Papanya Nda2, Nganjuk. Walah cari ayam kampung aja jauh bener??

Sebenernya tuh beli di Surabaya juga banyak, tapi berhubung kemarin Papanya Nda2 terlanjur pesan dan rencana mau dititipkan teman yang kebetulan lagi disana dan balik ke Surabaya deket-deket tanggalnya Amanda makan ayam. Eh…si teman meleset jadwalnya, terpaksa si Papa yang berangkat kesana buat ambil si ayam :mrgreen:

Tapi perjuangan memang setara dengan hasil. Ayamnya enak banget, empuk, gurih banget waktu dibikin kaldu. Gak nyesel deh walau musti jauh-jauh ngambilnya.

Satu lagi cerita tentang MPSufornya Nda2 tuh soal cari jeruk. Sama aja susahnya waktu aku cari alpukat. Hufft…beli 2 kresek, jeruk medan dan jeruk baby eh kecut semua *tepok jidat* akhirnya nemu jeruk baby pacitan di Carefour, untung saja waktu itu aku inisiatif tanya pada SPGnya, takut salah pilih lagi. Aku bilang aja kalau ini mau buat bayi, jadi gak mau yang kecut. Dapet deh…tapi sayang sekali, Nda2 kurang suka sama jeruk. Rasanya sih manis tawar gitu…

Moga aja Nda2 bisa cepet sembuh karena mamanya gak sabar pengen bereksplor untuk masakin Nda2 macem-macem, dari kemarin melototin resep berlembar-lembar :mrgreen:

Walaupun badan sakit begini tapi kalau urusan masakin anak jadi semangat. Apalagi kalau lihat sarapan dia habis, rasanya seperti dapat penghargaan Piala Oscar aja, jingkrak-jingkrak.

Apalagi tadi pagi, Nda2 lagi disuapin papanya. Menu hari ini bubur oatmeal pake kaldu ayam, lauknya tahu sutra kukus. Nda2 lahap bener… sampai minta tambah lagi. Papanya Nda2 terus bilang “Enak banget pah…makananku.” ujarnya seolah mengartikan gumaman Nda2 yang lagi ngeces. “Aku suka pa, sapa yang masakin pah?” lanjutnya. “Mama ya pa? Hem enak…” hihihii jadi ge er, padahal bukan Nda2 yang bilang tapi Papanya.

Makasih banyak Tuhan, semua berjalan lancar dan Nda2 makin pintar. Senengnya….:D

Review 6 Bulan

Pagi ini mau bersyukur dulu kepada Tuhan Yesus, Our beloved father.

Nda2 sudah berumur 6 bulan 3 minggu dan 5 hari, perkembangannya semakin mengasyikan. Sudah bukan lagi new born yang cuman nyusu dan bobo, pola tingkahnya udah banyaakkk banget, gak bisa diem. Kalo biasanya malem jam 8an udah bobo, sekarang kalo gak dibawa ke kamar, gak bakalan bobo 😀

Makin pinter, makin cantik hehehe. Muji anak sendiri boleh dong. Dari 4 bulan belajar tengkurap terus 5 bulan udah tengkurap tapi kepala masih jatoh-jatoh, sekarang 6 bulan udah asoy cara tengkurapnya, udah bolak balik plus merayap mundur, putar kanan, putar kiri. Hihihihi, ditidurin sebentar di kasur, tinggal ke belakang, aku balik, dia sudah sampai di ujung ruang tamu…gimana caranya nyampek sana? Dan insiden kecil sering juga terjadi, kepala kepentok di lantai waktu berbalik dari tengkurap atau kepalanya kejedot keranjang tempat simpan baju gantinya. Kalo gak diliat, dia senyum-senyum wae tapi kalo diliat langsung huaaaa, nangis keras. Jadi nangisnya gak spontan gitu, umpama kejedot, beberapa detik ngeliatin kita terus kalo kita respon, baru dia nangis. Oalaah nak, nak lucu amat kamu….

Mamamnya juga pintar, walo ada beberapa bahan makanan yang dia gak suka.

Yang udah dikenalin sejauh ini :

Serelia : Gasol beras merah dan coklat

Buah     : Alpukat, Pear, Pisang, Pepaya besok lusa mau coba apel.

Sayur    : Buncis dan kabocha.

Yang dia gak suka itu alpukat, pisang, pepaya… hemmm kog samaan dengan aku, aku juga gak suka buah-buah yang aku sebutin tadi. Dan favoritnya dia adalah kabocha, buncis juga doyan. Padahal aku gak suka labu-labuan loh…

Sempet hopeless waktu kasih pisang, kayak mau hoek gitu sama persis waktu makan alpukat, dicampur gasol juga gak habis, dicampur alpukat jadi bananacado lumayan lah masih mau hap walo gak habis. Pear juga doyaannn banget, aku taruh di sassy teething feedernya juga di isep-isep gitu sambil ngoceh-ngoceh 😀

Nah giliran pisangnya campurin pepaya, lumayan doyan, dan habisss…heran deh mama!! Anak Mama berubah-rubah moodnya. Yang penting dibawa happy aja deh…kan sufornya masih yang dominan. Hanya saja si Oma yang gatellll banget pengen nyuapin makan berkali-kali. Tapi aku sediakan hanya untuk 2 kali makan aja. Pernah Nda2 crancy banget malem hari, Omanya usul “Laper kali, coba buatin bubur…” Ya Ampun, Oma nangis juga belum tentu laperr kali, buktinya digendong-gendong, diajakin lihat kucing di depan rumah, moodnya berubah jadi riang gembira 😀

Oh ya ada aja kejahilan Amanda sekarang. Mulai dari berantakin sprei kamar tidur dengan cara gulung-gulung di kasur. Trus….ganggu Papanya yang sibuk menata dagangan buat esok hari,  sampai berantakin koleksi dvd juga cd di dalam laci tipi. Cd yang dia pelototin lamaa, tuh cdnya Agnes Monica yang dapet dari KFC, hihihi…ngefans ya sama Neng Agnes??  Seneng deh liat anak Mama tumbuh dengan sehat, berat badannya kemarin imunisasi udah 8,9 kg loh…mantap. Orang bilang kegendutan ntar kasihan gak bisa gerak tapi buktinya Nda2 susah banget diemnya. Apalagi sekarang pake clodi kemana-mana, dia jadi bebas berekplorasi hihihi, sebelumnya cuma popok kain biasa jadi kalo pipis haduh dia berkubang deh di pipisnya. Emang telat sih tahu ada clodi lokal yang bagus, dulu lihat harga clodi import langsung tepok jidat, budgetnya gak ada jadi gak dilolosin proposal Mama ke Papanya Nda2 😀 dan kalo kasih diapers seharian kog takutnya kulitnya jadi ruam. Jadi diapersnya sementara pake malem hari aja, sampai ntar tambah banyak koleksi clodinya hihihihi *lirik Papanya Manda, ngerayu supaya boleh beli* . Apalagi clodi pem-pem tuh motifnya lucu-lucu 😀 Oh ya kan baru dapet diapers Pampers buanyakkk dari acara Happynesia Pampers, lumayan buat lebih dari sebulan.

Amanda 6 Bulan

Segitu deh review perkembangannya Nda2. Kembali lagi, sungguh bersyukur pada Tuhan Yesus, Nda2 sehat dan bertumbuh sempurna. Semua karena kemurahan dan kebaikannya, aku sebagai Mama hanya bisa ikhlas menjalani motherhood ini, selalu ada berkat indah dalam setiap perjuangan kami membesarkan Nda2. Doa Mama semoga Nda2 semakin besar, semakin berkenan di hati Tuhan dan menjadi kesukaan di tengah keluarga….Amin. Mama sayang Nda-nda…

MPSufor Perdana Nda2

Pengen update blog syusahnya cari waktu, over load kerjaan di kantor, sementara di rumah udah repot macam-macam, malem tepar deh… 😀

Update dulu, MPSufornya nda2. Minggu kemarin tanggal 06 Mei 2012 *hehehe lengkap banget nyebutinnya* adalah hari bersejarah buat nda2. Berkenalan dengan makanan padat pertamanya. Rasanya sueneng deh bisa nyuapin nda2 pertama kali, setelah lama menunggu waktu, kasihan melihat dia kecap-kecap kalau lihat orang makan.

Dulu kalo kita makan sampek sembunyi-sembunyi 😀 biar Amanda gak ngiler hehehe….

Akhirnya tiba juga harinya. Aku buatin dia gasol beras merah wangi yang dibuat encer dengan tambahan sufornya. Pertamanya mau pake botol bersendok Pigeon tapi kog rasanya kurang seru aja, jadi kuputusin pake mangkoknya dia, biarin tumpah-tumpah tapi seru hehehe.

Sebelum makan, aku ajak nda2 doa dulu. Harus ya, nak karena itu tanda kita mensyukuri berkat Tuhan hehehe. Tapi ya namanya bayi 😀 diajakin lipet tangan aja syusah 😀 😀

Doa dulu ya nak…

Waktu pasang slabber juga, udah gak sabar dia untuk makan, slabbernya dijilatin 😀

Slabberku…. yummy…

Dan bener deh belum juga dia makan buburnya, sudah excited banget mukanya…

nda Mau Makan, Ma…!!!

Hap…hap…hem..hemm..amm… suaranya nda2 waktu mulai menikmati buburnya. Pokoknya ekpresif banget anak Mama satu ini hehehe, bikin Mamanya berasa sudah jadi koki handal 😀

Tangannya juga gak mau diem, ribut ikut pegang mangkok sampek gigit mangkok. Jadi belepotan deh kemana-mana tapi seru….

Hem…ammm…

Pengen Pegang Mangkok

Gigit Mangkok Hehehe

Dan begitu hampir habis, *maaf* dia kentut-kentut, spontan aku sama Papanya nda ketawa 😀 dan sebentar kemudian dia bersendawa… “Kenyang !!!”

Ini ekpresi kenyangnya ….

Kenyang Ma…

Gitu deh sekilas cerita tentang MPSufornya, seru abis. Hampir aja foto-foto ekpresifnya ini musnah karena kedodolanku…ya…kehapus dari kamera tapi untung bisa terselamatkan.

Semangat ya nak, makan yang lahap. Sedih juga pagi ini, bubur beras coklatnya gak habis, apa dia bosen ya? *berpikir sambil garuk-garuk kepala*