Catatan Akhir Sekolah (Playgroup) 😝

Minggu depan si kakak bakal jadi anak TK. Gk kerasa ya ini anak cepet banget gedenya. Perasaan baru kemarin foto dia depan rumah pake seragam baru eh tau2 dia udah lulus dari playgroup…terharu gk sih.

Selama playgroup berjalan kemarin lumayan banyak kegiatannya walo sy jarang nemenin apalagi setelah pindah kerja yg jaraknya jauhhh bener dari sekolahnya si kakak. Otomatis sy jarang nongol di sekolahan. Ibu2 temennya si kakak lebih ikribnya sama si tante yg tiap hari ngejemput kakak. Nasip!! 😅 

Ini beberapa kegiatan yg bisa sy ceritain alias yg bisa sy inget aja hihihi :

Karyawisata ke Batu secret zoo. Pertama kalinya dibilangin mau pergi ke pasuruan eh mendadak dialihin kesana. Sy gk ikut cencunya, maklum hari dimana acaranya ada sy masuk kerja baru sebulanan. Jadi deh si kakak ditemenin si tante. Ya sekalian bonus buat tante biar gk garing di rumah mulu. Sapa tahu ketemu jodoh….eh…

Kartinian. Ya seperti pada umumnya di Indonesia, kalo hari kartini pastinya anak2 didandani baju daerah. Sy cengar cengir kepedean klu sekolah kakak gk bakal ikutan bikin acara kartinian karena pas 21 april adem ayem gk ada acara apa2 di sekolah. Sy bukannya gk seneng tp males rempongnya harus dandanin anak itu loh 😅 *emakpemalas* Eh….tiba2 dua hari kemudian lagi enaknya ngurusin kerjaan, sy dibbm si tante klu besok ada acara kartinian di sekolah. Sy langsung mendelik “what?? Besokkk??” Ini sekolah bikin sy jantungan.

Ngabarinnya mendadak banget. Ini sy masih kerja, jgn tanya keberadaan si papa. Dia mah di pulau antah berantah lagi cari duit…yg mana pulangnya pasti malam. Mau dimana cari persewaan baju? Mules dah perut sy. Ketulah sendiri deh saat sy kepedean ngatain temen yg repot nganter anak kartinian 😅

Eh si tante tau kegalauan sy. Dia bilang “mbak aku ta lari beli kain..ta buatin nda kebaya aja, aku ada contohnya” klik dia send gambar kebaya cilik. Sy tanya balik “yakin bisa jadi semalem?” Eh dia yakin bisa, ya udah silahkan sy bilang. Belum juga sy pulang kerja, udah tang ting tang ting bbm sy bunyi. Foto2 dikirim si tante “kebayae udah jadi….tinggal dirapihin bentar” “what??” Ya ampun dek, hebat banget sih bisa maen sulap ehh…bikin baju sekejap. Jangan2 bisa juga bikin candi semalem 😂😂 ailupyu dek…gk rugi nikah sama masmu…loh!!

Ini foto si kakak waktu kumpul di sekolah. Fotonya sy dapat dr ibu gurunya. Sy sendiri gk sempet moto. Betulin rambutnya saja sy udh ngos2an, gk sempet deh cekrak cekrek. Kebayanya dapat pujian dari guru2 juga, cengar cengir deh si tante. Emaknya kalah saing lagi  😅😅

Selanjutnya kegiatan kakak adalah pentas nari. Cuplikan videonya ada di ig. Sy terlalu malas nampilin disini… dan yg terakhir dia nari sebagai murid playgroup adalah di acara perpisahan kemarin. Dia nari mentok alias angsa. Masih kurang luwes sih tapi cukup bikin sy dag dig dug bahagia. Jadi kepikiran masukin dia ke sanggar tari *brbkorekcelengan* 


Yang jelas sih selama playgroup kemarin si kakak banyak banget progressnya. Walo masih cadel tp ngomongnya udah buanyakkkk. Dia juga pandai bersosialiasi. Sederhana aja sih tp sy udah sangat bangga ngeliat dia. Biarpun soal itung2an atau cas cis cus inggris dia belum bisa…sy tetap kasih jempol buat dia. Lah ibunya sendiri ora isok ngomong inggris juga males suruh ngitung2 kalo gk dibayar kog wkwkwkwk. 

Yang Lucu dan Manis dari Kakak

Kangen banget ngeblog. Tapi semakin kesini kog semakin sulit buat sisihkan waktu buat nulis. Balesin komen atau tinggalin komen ke tetangga juga kayaknya udah lama gak aku lakuin. Maapken ya temen-temen ๐Ÿ™‚ Untuk sementara sih saya update ini itu di ig saja. Karena ig lebih cepet sih ya, gk perlu mikir nulis panjang-panjang.

Hari ini saya mau cerita soal kakak. Kakak nih makin hari makin cerewet walo masih sedikit cadel sih tapi progress ngomongnya udah banyak. Misalkan kalo dulu bilang mandi gitu, lebih mirip bilang mati 😅 Alhasil kalo dia ngajak utinya mandi, utinya bilang “man…di…nda bukan mati. Uti gk mau klu diajakin mati :mrgreen: Sekarang udah bisa dia ngomong yg bener. Man…di….

Trus ngeyelnya kakak juga makin jadi. Ini anak kadang keras kepala. Dibilangin sesuatu eh dia malah bilang “iya aku tahu ma…” Seperti kalo disuruh mandi, masih aja melototin tivi atau mainan atau masih molor. Kemudian diteriakin kedua kali, dia malah jawab “iya ma, satu sek…” maksudnya itu dia minta waktu. Emang dasar si kakak…

Omongannya yang lucu lagi tuh waktu dia bilang ke papanya “pa aku besok masuk sekolah atau libur?” papanya jawab sambil bergurau “libur aja ya…biar papa gk usah nganter” kemudian si kakak menggeram sambil ngomel “papa mau punya anak oo? Kalo aku gk sekolah nanti oo pa…” Oo ini artinya bodoh. Ngambil istilah ini gegara maen educa studio. Disitu kalo kita jawab bener soal yg keluar, nanti bunyi “pintar” sebaliknya kalo jawabannya salah, bunyinya “o o” 😅 padahal ya itu maksudnya bukan mau bilang bodoh tapi itu ditangkap sama kakak kalo itu artinya bodoh.

Yang lucu lagi sekarang kakak demen ngapalin semua nama anggota keluarga. Jadi sekarang gak cuma panggil oma, uti tapi berikut namanya juga 😆 Yang begini bikin oma dan utinya gemes. Semisal pamitan juga bilang gitu “Dadah uti….. aku pulang dulu ya ke rumah oma….”

Kakak juga makin berani tampil di depan banyak orang. Emang sih dia anak yg pemberani, tapi tampil di muka banyak orang jarang banget. Sekarang udah sering ditunjuk gurunya di sekolah buat nari di acara natal dan ulang tahun sekolah. Di sekolah minggu juga udah berani nyanyi keras di depan. Sebelumnya berani sih berani berdiri di depan tapi gak keluar suaranya alias lypsinc, gurunya yg nyanyi, dia cuma komat kamit 😅

Lain cerita lagi tentang kakak yg juga suka mellow lebay. Seperti waktu pengen cium adeknya tapi adeknya menghindar mulu dan adek malah pengen nabokin kakaknya 😅 Kakak langsung mewek dan ngadu ke kita “aku sayang adek tapi adek gak sayang aku…” hehehe kakak ini memang rada perasa orangnya. Dia juga demen banget kasih perhatian ke kita. Tiba-tiba dia bisa bilang “aku sayang mama…” “mama tadi naek bemo? Jalan kaki? Aku pijatin kaki mama ya…” gimana gk meleleh mamanya. Apalagi kalo ngomong “Ma nanti kalo aku besar besar…. mama ta jemput ya…” hihihi…

Ah si kakak emang makin gede makin ada-ada aja. Walo keliatan sedikit bandel dan petakilan, kakak tumbuh jadi anak yang loveable… di rumah, di sekolah, dimanapun. Manis banget dan bikin banyak yang sayang sama dia. Sesuai arti namanya yaitu ‘dicintai’ Semoga kamu tumbuh dengan banyak cinta ya nak, sehingga kamu jadi pribadi yang tangguh, penyayang juga dan goalnya adalah Tuhan dipermuliakan lewat hidupmu. Kecup kakak 😚

image

Kabar Terbaru Kakak & Adek

Lama saya gk cerita soal anak-anak disini, jadi kangen. Gimana kabar kakak dan adik? Puji Tuhan sehat semuanya. Saya ceritain satu-satu ya. Mulai dari kakak nih.

Kakak di usianya yang 4 tahun ini makin cerewet dan aktif anaknya. Ngomongnya masih cadel tapi perbendaharaan katanya banyakkkkk. Termasuk kalimat-kalimat ajaib semisal ‘mau tau aja’ hehehe. Perbendaharaan lagu yang dia hafal pun makin banyak.

Soal sekolah, Puji Tuhan waktu kemarin terima raport, nilainya bagus. Hanya dua hal yang mendapat nilai C. Yang satu cara kakak memegang benda. Kakak masih belum bisa memegang pensil, gunting dengan benar. Sakerepe gitu, dilatih di rumahpun kadang ngeyel 😅 Trus nilai C kedua soal kemampuan tanya jawab, dia masih malu-malu mengajukan pertanyaan balik.

Selanjutnya apalagi ya…

Ohya tentang adik ya. Adik di usia hampir 19 bulan ini Puji Tuhan sehat. Kemarin sempet dia rewel berhari-hari, tidur tidak nyenyak dan suka kebangun trus duduk gitu. Adek juga tidak aktif seperti biasanya. Jangankan dititah, merangkak dan berdiri pun ogah. Yang bikin saya sedikit parno itu si adek kadang nangis sambil tunjuk pojokan kamar. Kan seremmm…saya takut adek diganggu begituan.

Akhirnya saya dan suami minta pendeta bantu doakan adek. Dan Puji Tuhan, ada perubahan. Adek udah nyenyak bobonya, dan aktif, ceria seperti sedia kala. Beberapa kali juga mau dititah. Kita belain bangun pagi untuk bawa adek ke lapangan berumput. Sayangnya karena agak jauh dari rumah, kita gk bisa tiap hari bawa adek kesana. Tapi semoga usaha kami berbuah hasil ya, adek bisa lekas jalan.

Kami juga berencana bawa adek ke dokter ahli tumbuh kembang. Kebetulan dapat info kalo di rs dr.sutomo ada klinik tumbuh kembang gitu. Cocok dah karena kami mau pakai fasilitas bpjs yang bulan ini baru kami daftar. Papa juga bersedia kalo tiap minggu perlu bawa adek kesana sendiri. Soalnya saya kan mau mulai kerja di tempat baru, belum bisa ijin-ijin. Semoga berjalan lancar ya dan berbuah hasil maksimal. Aminnn…

image

Demikian kabar kabari adek kakak yang terbaru. Terima kasih buat semua doanya ya….:)

13 bulan usia adek

Udah lama sy gk update perkembangan adek ya, jujur saja sy agak gimana gitu ya…malass karena melihat perkembangan nampak lambat sekali bikin sy ogah2an cerita.

Di usianya yg 13 bulan ini, adek belum bisa jalan. Jangankan jalan, merangkak pun belum alias cuma duduk merayap. Sedih? Ya tentu. Minder? Ya sedikit…apalagi yg seumuran dia ato lbh muda sebulan spt Leanya Yeye ato Kinarnya Desi udh pada jalan, begitupun dua baby teman adek di sunday school jg pada balapan jalan. Kecewa, tertekan? Gk smp kesitu sih tp klu dipikirin ya bisa kesana. Solusinya selama ini sy berusaha positif thinking aja, setidaknya masih gampang ngendaliin adek, klu udh jalan pasti gk mau diem ๐Ÿ˜› dan sy msh bisa gendong cium2 dia seperti bayi kecil.

Banyak yg komen ato nanya? Banyak….banyakkkk….hehehe udh kyk iklan tokopedia aja. Salah satunya ya yg bilang jgn2 adek polio itu….tp ya udahlah sy mikirnya sih klu semua org itu tercipta unik, tidak ada yg seragam dan sy masih sangat percaya Tuhan punya maksud dalam semuanya ini. Bukan sok religius sih ato ngebesarin hati sendiri tp beneran sy yakin semua ada waktunya dan itu dlm pengaturan Tuhan.

Sy sih tunggu hingga usia adek 18bulan, klu lbh dari itu tidak ada kemajuan berarti maka sy berencana bawa adek ke dsa tumbuh kembang. Semoga sih gk perlu ya, bukan apa2 mehong biayanya. Sy beneran gk ada biaya utk itu saat ini. Uang segitu mending sy tabungin buat kakak sekolah. Doain aja ya teman2 biar adek cepet bisa merangkak.

Ini sy sm kakak smp kyk org gila, merangkak di depan adek buat nyontohin ke dia. Sptnya hal sia2 tp sy yakin ada hasilnya spt saat sy ngajarin adek duduk sendiri.

Setahun Usia Adek

Saat saya buat blog ini saya sendiri berjanji kalo apa saja perkembangan baru anak-anak akan saya abadikan disini. Memang ide awal buat blog ini kan untuk menyimpan memori masa tumbuh kembang anak-anak saya hehehe yah walopun diselipin curhatan gak penting lainnya.

Nah sekarang giliran saya cerita soal perkembangan adek sebulan terakhir ini ya. Beberapa hari kemarin adek merayakan ulang tahun perdana loh…gak kerasa ya, seperti baru kemarin dia keluar dari perut saya :mrgreen: Setelah cerita soal perkembangan adek, nanti saya juga pengen sering nulis soal kakak, lebih tepatnya celotehan singkat kakak yang lagi cerewet2nya.

Dalam sebulan terakhir, perkembangan adek lumayan pesat walo bisa dibilang tertinggal dari teman-teman sebayanya. Ah sutralah saya gk mau mikirin omongan orang….yang lalu saja tetangga bilang adek jangan2 kena polio…ishh…pengen saya ulek aja orang yang bilang. Tapi saya gak kaget, dulu kakak belum bisa ngomong lancar sampai usia dua tahun, tetangga juga bilang jangan-jangan bisu. Sekarang?? Yah…waktu yang bisa menjawab. Kakak super cerewet! Saya yakin adek juga akan melewati semua fase tumbuh kembangnya dengan baik walo saya harus belajar sabar menunggu… Kemarin karena sebel denger kata-kata begitu, pengen saya sodorin nomer rekening aja ke mereka. Tolong dong, ketimbang bicara nyinyir gitu, sumbangin saya duit buat ke dokter spesialis buat periksa adek, lu kira ke dokter bayar pake daun tante?? ๐Ÿ˜†

Okelah kog saya jadi curcol lagi. Gak mikirin tapi kesimpen hehehe. Dalam satu bulan terakhir ini adek udah tumbuh gigi. Ada empat giginya! dua atas, dua bawah. Walo belum pinter maemnya alias belum bisa makan nasi tapi progres ini harus saya syukuri. Dan progres berikutnya adalah saat tepat di hari ulang tahunnya, adek mulai berani belajar duduk sendiri. Lucuk banget…waktu mundurin badannya, kakinya belum nekuk eh dia teriak-teriak seperti takut gitu hahahaha. Saya semangatin adek sampai akhirnya dia bisa mengulang lagi dan lagi belajarnya. Besoknya saya baru sadar, saya belum videoin…buru-buru deh ambil hape. Biarpun agak burem yang penting bisa mendokumentasikan. Seneng!

Puji Tuhan juga selama sebulan ini adek kembali full asi. Bye-bye sufor. Sufor abis ya udah gak beli lagi, Puji Tuhan kebutuhan asip dicukupkan. Trus kemarin mulai nyobain uht dikit. Punya si kakak..hihihi…dan lucunya si adek bisa sedot langsung tanpa harus dipindahin ke gelas. Tapi ya harus diajarin dan disemangatin, kalo gak…sedotan cuman digigitin doang ๐Ÿ˜†

Ah…selebihnya saya bersyukur dan bersyukur!! Adek sehat! Adek riang…tidak ada yang bisa lebih membahagiakan saya sebagaiย seorang ibu selain melihat anaknya sehat dan ceria. Nih saya kasih lihat video waktu adek belajar duduk ya…lucuk!

Anak Mama & Papa

Seiring bertambahnya usia si kakak, ada-ada aja celotehannya yang bisa bikin saya ketawa geli juga ngerasa gimana gitu…

Situasinya saya lagi pegang raket nyamuk, di rumah kadang-kadang nyamuk banyak banget bikin sebel. Si kakak yang udah tahu saya sibuk nabokin nyamuk tetep aja gak bisa diem, lari sana, lari sini. Sampai akhirnya saya gemes sama dia dan pura-pura mau nabok dia pake raket nyamuk.

Kakak ย : Mama, aku anak mama…

Saya ย  ย : Bukan, kamu anak nyamuk karena gak bisa diem

Kakak ย : Aku anak mama. Anak mama dua…

wkwkwkwkkwkwk….kalo denger itu bikin saya gemes sama dia. Segitunya mau ingetin saya kalo anak saya dua ๐Ÿ˜› Apa dia kurang perhatian dari saya ya? Atau kelewat perhatiin adik jadi si kakak merasa diduakan? Ah semoga itu cuman pemikiran lebay saya aja…

Tapi kalo saya gantian mau pura-pura nabok adeknya…eh kakak komentarnya sama.

“Mama…ini anak mama. Bukan anak nyamuk…” sambil dia pelukin adeknya.

๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

Trus lain waktu dia gantian rewel dan ngomel mulu gegara papanya belum pulang. Bolak balik tanya ke saya “Ma…papa mana?” Duh, kuping saya gatal dengerin dia ulang-ulang kalimat itu.

Kemudian saya ambil hape teleponin papa. Gak diangkat, si kakak yang udah kepengen ngomong sama papanya makin ngomel gak jelas hahahaha.

Beberapa menit kemudian papa telepon tapi ketika diangkat mati, begitu terus sampai berkali-kali. Kakak ngambek dong…

“Haduh papa ini…telepon teyus teyus gak puwang puwang…”

hahahahaha anak papa marah. Saya ceritain sama papanya, papanya gak percaya kalo si kakak bisa ngomel panjang begitu.

Emang perkembangan bicaranya kakak bisa dibilang maju pesat dari yang cuman bisa bilang kata-kata pendek sampai akhirnya bisa bikin kalimat pendek.Nah kalo dia bisa ngomel panjang begitu, kami terheran-heran sendiri ๐Ÿ˜†

Tinggal satu peer supaya kakak pede bicara banyak di luar rumah. Karena saya kemarin ditegor sama guru sunday schoolnya yang menyangka si kakak belum bisa ngomong. Udah tiga tahun kog gak lancar ya ngomongnya? apa jarang diajak bicara? Lah…si tante gak tahu kalo si kakak ini cerewetnya minta ampun kalo di rumah hihihi…saya sampai pegel ngejawabnya.

Selebihnya saya bersyukur, biarpun telat akhirnya ngomongnya sekarang banyakkkkk….

Permainan Favorit Masa Kecil

Sewaktu saya kecil dulu, akrab deh dengan mainan seperti ular tangga, monopoli, halma. Nah kalo permainan tradisionalnya saya akrab dengan lompat tali, main bola bekel, petak umpet, gobak sodor dll. Tapi yang paling saya sukai adalah monopoli ๐Ÿ˜€ Kenapa suka dengan monopoli? Karena setiap kali saya bisa kumpulin duit, berasa dalam hati jadi orang kaya, punya duit banyak beneran hahaha apalagi bisa beli kota favorit atau sampai beli rumah dan hotel. Widihhh…berasa jadi orang tajir, dalam imajinasi tentunya :mrgreen:

Sebaliknya kalo musti keluarin uang buat bayar inilah itulah, susah rasanya ngeluarin duit. Kog kayaknya sama aja dengan kehidupan nyata di dunia orang dewasa aja hahaha…. Ya gitu deh main monopoli bikin saya berasa jadi orang dewasa yang punya duit dan musti berpikir gimana mengelola uang supaya saya makin untung, bisa invest ini itu, ย beli ini itu yang bisa bikin pundi-pundi uang bertambah sekaligus berpikir bagaimana berhati-hati supaya gak harus bayar denda apalagi masuk penjara ๐Ÿ˜†

Rencananya kalo kakak sama adek gedean diajakin aja kali ya maen monopoli, pasti asyik. Ini kan permainan mengasah otak juga hihihi sekaligus buat bekal masa depan biar kalo mereka pegang duit beneran, bisa memanagenya dengan baik… *ibu bijak mode on*

Postingan ini saya ikut sertakan di giveaway Mbak Meta disiniย Dari awal saya udah penasaran sama buku Play and Learnnya Mbak Meta. Saya pengen banget bisa punya buku tersebut. Alasannya? ya karena saya ini termasuk bukan ibu yang kreatif untuk ajak anak bermain. Padahal permainan bisa menstimulasi perkembangan anak kan? Si kakak ini kebetulan motorik halusnya belum terasah dengan baik. Mau beli mainan mahal-mahal yang katanya edukatif, kebetulan budget terbatas jadi terpikirkan untuk membuat permainan sederhana dari bahan yang bisa ditemukan di rumah. Cuma ya itu kadang otak saya keabisan ide.

Terakhir permainan yang saya buat adalah memberi makan hewan, itu idenya dari ayahbunda. Sayang saya gak ambil foto waktu itu. Jadi saya print gambar kucing kemudian tempel di kardus, bagian mulut saya lubangi. Trus saya buat gambar ikan kecil-kecil dari karton tipis. Nah si kakak saya ajak kasih makan si kucing, ikan-ikan kecil tadi sambil berhitung berapa ikan yang dimakan si kucing. Seru sekali….nah sekarang saya lagi bingung buat permainan apa lagi. Please Mbak Meta, minta sumbang idenya dong ๐Ÿ˜‰

“Giveaway #PlayAndLearn Part 1 di metahanindita.com”