Rekap Perkembangan Amanda & Dedek ^_^

Bulan-bulan ini kayaknya males banget mau update blog dan banyak banget sekali kerjaan plus esdebre esdebre yang bikin ngeblog macet. Mau nerusin cerita liburan aja masih bingung gimana mindahin fotonya :mrgreen: dan parahnya bulan kemarin tidak merekap perkembangan Amanda di usianya yang 26bulan *tepok jidat*

Memang gak banyak yang bisa diceritakan sih soal perkembangan Amanda hehehe aslinya bingung mau nulis atau cerita dari mana. Yang pasti dia makin bikin gemes, ngomongnya walau masih pelit tapi mulai berkembang, udah bisa jawab kalo diledekin “nda-nda jelek…” dengan jawaban “cantik…” dengan logat dan mimik yang lucu.

Puji Tuhan Amanda sehat-sehat selama 2 bulan ini meski kemarin sehabis liburan aku sakit flu berat, dia tetap aman alias gak ketularan. Oh ya ding pernah pagi hari dia anget, malem batuk-batuk tapi cuman 2 hari doang abis itu sembuh total, ajaib hehehe, Puji Tuhan ini anak doyan makan jadi kebal penyakit. Lucunya kalo kita bilang “Nda, dahimu kog anget ya sayang…” eh…dia minta dipakein kompresan dong, kalo gak diturutin dia ngamuk. Yaelah segitunya Nda…sampai bawa botol obat batuk kesana kemari, padahal 2 hari juga sudah sembuh 😛

Oh ya semenjak hamil emang aku udah kenalin dedek di perut sama Amanda dan kebetulan ini anak suka banget sama bayi. Iklan bayi di tipi atau ada bayi di gereja pasti mengundang perhatian dia, jadi deh amanda keliatan seneng banget bakalan ada punya bayi di rumah 😀 Apalagi setiap USG, Amanda musti ikut, jadi deh tiap kali ditanya “adeknya dimana?” dia bakalan usap-usap perut pake jarinya sambil berdesis…maksudnya mau niruin gaya dokternya kalo lagi meriksa dedek pas USG hihihi. Ada aja nda-nda…

Dan tiap pagi gak pernah telat, dia cium perutku, amazing banget deh. Bukan cuman cium, kadang dia kayak ngajak ngobrol adeknya walo pake bahasa bayi hahahaha. Sekarang jadinya tiap kesempatan aku ajakin Amanda nyanyi bareng pake gerakan dari lagu sunday schoolnya yang judulnya “Yesus sayang semua” lagunya sederhana, liriknya gampang dihapal, cuman Yesus sayang semua, semua, semua, sayang Papa, sayang Mama, sayang kakak, sayang adek, sayang semua. Moga aja lagu ini jadi lagu kenangan buat Amanda dan adeknya dan kelak akan mendekatkan hubungan mereka, amin…

Trus buat perkembangan adek sendiri, adek udah mulai aktif, nendang-nendang walo gak seheboh Amanda dulu tapi lumayan bikin ngilu hehehe. Puji Tuhan tidak ada keluhan apapun di trisemester kedua ini, semuanya lancar, walo aku sering terserang flu seperti hari ini tapi bisa tetap enjoy. Dan kemarin setelah hunting dsog dan rumah sakit kemana-mana, lumayan ribet sih soalnya nyocokin budget sama kebutuhan. Kan rencananya bisa ASIX buat adek, jadi agak-agak syusyah cari rumah sakit. Ada yang budgetnya masuk tapi gak menyakinkan soal pelayanan mereka terutama soal IMD dan rooming innya. Udah sreg sama RSIA Kendangsari eh papanda keberatan soal biayanya :mrgreen: maklum kita lagi banyak kebutuhan tahun ini jadi rada mepet budgetnya. Puji Tuhan hasil browsing dan tanya-tanya plus survei langsung, mantep pilih lahiran di RSIA IBI di Jl. Dupak. Dari penjelasan bidan disana (dan semoga beneran faktanya nanti), saat lahiran bisa ditemenin keluarga, ASIX dan rooming in dan plusnya dapet DSOG Marsianto yang biasa menangani VBAC. Jadi mantep juga untuk mencoba VBAC, semoga terkabul. Amin. Yang terpeting sehat-sehat ya dek, Mama yakin Tuhan sudah sediakan yang terbaik. Amin

Segitu dulu deh, buat penutup ini ada foto Amanda yang lagi narsis 😆

Amanda Narsis

Kangen Nda2 ^_^

Hari ini tekanan dalam pekerjaan saya lumayan berattttt…. karena itu siang ini, buat menyegarkan pikiran, saya mau cerita soal nda2 aja deh.

Jadi apa milestone Nda2 sampek ke usianya yang 5 days to 15M…

Satu kata yang paling dominan : CEREWET 😆

Iya, cerewetnya ampun dije…dari a-z…dan semuanya tidak jelas apa yang dia ocehin. Dan sebelnya, kalau kita gak paham sama yang dia mau…pastilah dia marah-marah, duh niru sama sapa ini?

– Kata-kata yang bisa dia ucapkan dengan jelas cuman papa, ema (oma), mamah, maem, memem (susu)…tuh(nunjuk sesuatu), emoh (gak mau)…dah (sudah)…

– Belum lancar jalannya. Tapi gesit kalau jalan ‘trantanan’ pegangan segala benda, mulai kursi, meja, rak baju yang akhirnya malah roboh dipegang dia…..kalau di greja, udah gak mau diem, keliling terus, mengitari kursi-kursi kosong. Kalau jalan tanpa pegangan, masih belum berani alias malu-malu, musti diiming-imingin sesuatu, baru mau jalan… “Nda sini jalan ke Mama, Mama punya kue…” dia langsung berdiri cengar-cengir, jalan sempoyongan, nubruk aku sambil jejeritan.

– Walau belum bisa ngomong dengan jelas, Nda2 udah ngerti kalau kita suruh sesuatu. Misal “Nda, mau jalan-jalan. Ambil sepatu dulu…” tanpa ba bi bu, dia merangkak ke rak bajunya dan membongkar isi rak bawah yang berisi sepatu-sepatunya. Diambilnya sepatu yang dia mau pakai dan tunjukin ke kita…hehehe gemesss.

– Sudah tahu barang baru. Kemarin kita belikan dia sepatu baru. Saat dibongkar dari bungkusannya, dia udah keliatan seneng sama sepatunya itu dan besok paginya, minta jalan-jalan pake sepatu baru. Iya beneran…pagi-pagi dia merangkak, ambil sepatu di rak baju dan buru-buru kasih ke kita sambil sodorin kakinya….hihihihi… kalau kita tanya “Mau kemana Nda, pake sepatu baru?” dia langsung monyong dan bilang “Tuh!” sambil nuding ke pintu depan.

– Yang jelas makin aktif dan oma, mama dan papanya ngos-ngosan. Aksinya terkadang bikin deg-degan…panjat-panjat, jinjit-jinjit, dan sering kepleset sampai hidungnya lecet. Juga suka joget-joget kalauuuu…ada musik dangdut *tepok jidat* gak relaaaa, kenapa selera musiknya sama persis papanya??

– Makannya makin pinter, apapun masuk ke perut mungilnya. Bahkan ketika kita makan dan seperti kebiasaannya dari dulu, suka rusuhin kita, mau aja tuh dia disuapin nasi putih aja. Soalnya mau suapin kuahnya, hihihihii…udah kecampur micin, Nak… Kecuali kalau kita lagi makan indomie,  mau ngicip? GAK BOLEH!!!

– Oh ya, sempet beberapa hari lalu, Papa iseng-iseng beli kucing…jenisnya kurang tahu, saya sih sebutnya Trio Macan hehehe, maklum bulunya persis kayak bulu macan. Nda2 suka banget maenan sama kucing-kucing ini, sayangnya kita gak rela kalau bulu-bulu kucing itu nantinya malah bikin Nda2 sakit, jadi kita kandangkan mereka di belakang rumah. Btw sekarang kucing tersebut sudah dijual sama Papa hehehehe…karena kita termasuk bukan orang yang rajin buat melihara hewan…ogah kasih makan dan bersihin kandangnya 😀

Ada video waktu Nda2 kita suruh joget eh malah dia jalan ke papanya, sayang videonya gak bagus…maklum pake bebe gembel 😆

Sudah ah, gitu aja deh cerita soal Nda2……… ^_^ Sehat terus ya Nak, Mama sayang kamu…

Ndazilla vs Meong...

Ndazilla vs Meong…

Ndazilla

Ndazilla

Kaki Ndutmu Yang Lucu ^_^

Setiap kali Mama lihat kaki ndutmu yang lucu, Mama gemesss…..

Kangen pada tendangan – tendangan kecil di perut Mama dulu…..

Ayo belajar jalan Nda, semangat !! Jangan takut jatuh, Mama akan selalu ada di sampingmu

Kaki ini akan menemanimu melewati banyak fase dalam hidupmu

Kaki ini akan membawamu meraih satu mimpi ke mimpi lainnya….

Dan satu hari nanti Mama akan merindukan kaki mungilmu merambat mencari pelukan Mama

Sehat selalu ya Nak… I Love You to the flesh and bone 😀

“Aku dan ayahbunda”

Sebagai orang tua baru, saya dan suami butuh banyak sekali masukan dan petunjuk, baik itu dari orang sekitar ataupun dari media internet. Banyak hal baru yang harus kita pelajari. Ya, menjadi orang tua itu seperti kembali ke sekolah, menyerap banyak ilmu dan berusaha menerapkannya dengan baik di dalam keluarga. Termasuk saat itu saya menggali informasi apa itu asi, mpasi, rum, dsb, semua hal yang berkaitan dengan parenting itu sendiri. Dan bersyukur di jaman modern seperti ini, informasi terbuka luas sekali, apapun jawaban atas pertanyaan kita, bisa kita gali dari media bernama internet.

Ya…saya menemukan beragam informasi di internet yang bisa saya saring bersama suami dan kemudian kami terapkan satu per satu dalam keluarga kecil kami. Pertama kalinya website yang kami kunjungi adalah ayahbunda. Kenapa? Karena yang saya tahu selama ini, majalah yang memang dipersembahkan buat orang tua baru seperti kami tentunya ayahbunda. Sudah familiar di telinga hehehe, bacaan di ruang tunggu dsog saya….sayangnya untuk berlangganan majalah, kita termasuk malas, kami lebih senang membaca lewat internet, praktis dan mudah menurut kami, tinggal klik atau ketik kata kunci dan kami mendapat informasi yang kami perlukan.

Informasi pertama yang kami dapatkan dari ayahbunda adalah bagaimana penanganan terhadap bayi yang terserang batuk pilek. Jujur sebagai mama baru, pertama kalinya saya melihat anak sakit, langsung panik, yang terlintas di pikiran adalah segera pergi ke dsa. Namun beruntung suami tidak tergesa-gesa mengabulkan permohonan saya dan minta saya tenang. Sembari menenangkan diri, saya googling untuk mencari informasi dan lagi-lagi informasi terbaik saya dapatkan dari website ayahbunda. Thanks God.

Saya ter o..o…o…membaca informasi dari ayahbunda. Ya ampun, hampir saja saya mengambil langkah salah. Memang pergi ke dsa tidak salah tapi kalau ketika kita pergi ke dsa dengan kepanikan itu yang salah. Contohnya menghadapi batuk pilek, penyebab batpil pada umumnya adalah virus dan ini tidak ada obatnya. Dengan home treatment saja sudah pasti bisa sembuh dengan sendirinya. Bahaya kalau kita datang ke dsa yang tidak RUM, bisa-bisa dia menyarankan antibiotik, yang sama sekali tidak dianjurkan pemberiannya pada bayi kecuali kalau ditemukan penyebab batpilnya adalah bakteri ya, CMIW. Kalaupun datang pada dsa yang RUM tapi kita karena panik, bisa jadi dokternya IRUM hehehe, ya kan kebiasaan ibu-ibu kalau bawa anak ke dsa, kalau pulang tidak dikasih obat langsung marah-marah “Dok, kog gak dikasih obat sih?” hehehe….ini pengalaman saya waktu kecil, seringnya ketika saya dibawa mama ke dsa, mama mesti marah gara-gara dokter cuman periksa dan pulangnya gak dibekalin obat.

Sangat beruntung saya mendapat banyak pencerahan di website ayahbunda. Tentang penyakit-penyakit yang umumnya diderita bayi baru lahir. Dengan menerima informasi yang jelas akhirnya saya dan suami sepakat untuk menjadi orangtua yang RUM. Gak sedikit-sedikit ke dokter atau minum obat. Kalau Amanda, anak saya sakit semisal batuk pilek, saya hanya menerapkan home treatment saja. Antara lain ajak dia berendam air hangat untuk memberi rasa nyaman buat dia, membuat aroma terapi sendiri (air hangat dan kayu putih, ditempatkan di sudut ruangan), menjaga asupan makannya supaya tetap terjaga selama batpil sembari saya pantau terus perkembangannya, kalau-kalau ada demam menyertai.

Puji Tuhan selama ini apa yang saya pelajari dan yang saya terapkan di rumah membuahkan hasil. Anak saya tidak gampang sakit…..bersyukur banget ya, mengingat bahwa saya gagal memberi dia ASIX. Sungguh informasi yang saya dapat dari ayahbunda tersebut sangat berharga buat kami berdua.

Menginjak masa MPSufor, informasi dari ayahbunda juga sangat membantu loh….selain yang saya dapatkan dari milis mpasirumahan tentunya. Banyak sekali resep MPSufor di ayahbunda yang bisa saya variasikan dalam menu makanan Amanda. Salah satunya adalah puding labu yang ada di artikel ini. Pernah saya posting di blog juga resepnya disini. Senengnya Amanda lahap sekali makannya, hehehe….sesuatu yang sangat saya syukuri. Jadi kalau ide buntu atau ada bahan baru, bingung mau diolah bagaimana, jalan deh ke website ayahbunda, dapat banyak inspirasi. Jelas berguna banget buat saya yang tercatat sebagai istri dan ibu yang tidak bisa masak hehehehe….

Lagipula resep di ayahbunda sangat gampang dipraktekkan, gambar dalam resepnya juga membuat semangat buat mencobanya hehehe…. Termasuk ketika saya mau buat kejutan ulang tahun suami, hehehe….bingung mau buat apa. Masak hidangan berat rasanya saya bukan ahlinya, apalagi membuat kue tart, saya bisa pingsan…..mengingat tidak ada oven dan alat perbakingan lainnya. Akhirnya dapat ide di artikel ayahbunda soal puding pelangi. Semestinya sih ini puding buat anak kecil ya tapi bisa dong saya variasikan menjadi puding yang enak buat suami tercinta. Sip!! Saya pun mencobanya dan berhasil walaupun prosesnya gak semudah yang dibayangkan. Banyak tantangan, karena saya buatnya di rumah, berusaha gak buat suami curiga. Tapi ada saja masalah, mulai gelas blender yang lepas dari pemotong sehingga menyebabkan buah strawberry yang hampir selesai dijus tumpah dan membanjiri dapur. Untung suami tidak curiga. Beruntung saja ada strawberry tersisa yang mustinya dibuat hiasan. Beruntung pula saat saya belanja, agar-agar plainnya cuman dapat 3 sachet, 1 sachetnya saya pakai yang warna merah. Selamat deh…warna puding strawberrynya tertolong dengan warna dari agar-agarnya hehehe dan yang terpenting kejutan mulus dilaksanakan dan suami senang. Terima kasih ayahbunda

Puding Pelangi

Ultah Papa (Puding Pelangi & Puding Labu)

Semakin saya menggali banyak informasi di ayahbunda, saya semakin mengerti kalau banyak hal yang saya belum pelajari. Masih banyak pekerjaan rumah saya dan suami untuk lebih banyak lagi belajar. Dari penanganan sakit anak sampai dengan tentang perkembangan psikologi anak. Dan sepertinya nanti kalau saya dikasih anugrah untuk mendapat anak kedua, sepertinya banyak ilmu yang saya pelajari sekarang bisa saya terapkan nanti agar persiapan menyambut anggota baru lebih baik dari yang dulu. Semoga nanti saya bisa memberi ASIX untuk anak kedua dan semoga anak-anak saya menjadi generasi yang sehat dan cerdas. Semoga ya… Amin.

Kesimpulannya adalah saya bersyukur sekali menemukan website ayahbunda, keren abis deh artikel-artikel plus resep-resepnya dan juga disini sering banget ada lomba ataupun sayembara. Sayang saya belum beruntung menjadi pemenang 😦 Termasuk saat saya ikut lomba Kids of the Month dengan tema “Aku dan Bonekaku” sayang Amanda tidak menang hehehe….ikut angket buat dapat stroller Chicco juga tidak menang hehehe….yah semoga kali ini menang ya 😀 Selebihnya saya senang bisa menggali banyak-banyak informasi tentang tumbuh kembang anak disini, lengkap banget. Sudah tidak perlu bingung-bingung lagi harus bertanya pada siapa, yang jelas, ayahbunda sudah menjadi pedamping terbaik buat kami untuk menjalankan tugas kami sebagai orangtua.

Postingan ini dibuat dan diikutsertakan dalam lomba menulis blog ayahbunda. Buat teman-teman yang mau ikutan bisa langsung klik saja banner di bawah ini. Hadiahnya menarik loh, jangan sampai ketinggalan.

Wish Me Luck 😀

Happy 11 Months

Gak kerasa waktu terbang begitu cepat, ya Nda….sekarang kamu sudah berusia 11 bulan. Mama senang sekali, sebentar lagi kamu akan menjadi toddler dan Mama begitu antusias menyambut hari-hari baru bersamamu nanti.

Mama bangga dengan perkembangan kamu dalam beberapa waktu ini. Anak mama sudah mulai lincah merangkak, duduk, berdiri, senengnya… bentar lagi belajar jalan ya nak, harus semangat!! Biar nanti bisa jalan-jalan sama Mama keliling Surabaya :mrgreen:

Mama juga senang, karena gigi-gigi kecilmu mulai tumbuh, walau akhirnya kamu jadi malas makan tapi Mama suka gemes kalau lihat kamu tertawa atau nyengir, keliatan gigi kecilmu….lucunya.

Sehat selalu ya Nda, Mama gak bisa tulis panjang lebar sekarang karena Mama masih punya banyak pekerjaan. Sampai sore nanti ya, kita bermain bersama, bernyanyi bersama.

Selamat ulang bulan ke-11, nda. Tuhan Yesus mengasihimu. Papa Mama juga Oma selalu berdoa agar kamu selalu hidup di dalam rencana Tuhan Yesus yang terbaik buat masa depan kamu.

Love You Much, nda 😀

Selamat Datang Gigi Baru

Yipii…gak disangka – sangka 2 gigi sudah muncul di mulut mungilnya nda2. Sebelumnya aku pikir mungkin masih lama munculnya si gigi makanya saat si Papa bilang “kog sakit ya nda2 gigit tangan papa? Ada giginya tumbuh Ma…” “Ah masak, gak ada ah…” sampai akhirnya melihat sendiri dan berteriak hore…selamat ya Nda…kecup – kecup sayang 😀 Semoga selama tumbuh gigi tidak ada GTM dan rewel ya 🙂

Selamat Datang Gigi Baruku (ambil dari sini)

Review MPSufor Bulan Ke-9

Lanjut yuk…kita ngebahas perkembangan MPSufornya Amanda. Di bulan ke-9 kemarin maemnya Nda makin bervariasi dan aku bisa mencoba banyak-banyak resep buat Amanda. Bahan-bahan makanan yang diperkenalkan di bulan ke-9 ini di antaranya adalah :

Karbohidrat : Ubi cilembu

Protein : Ikan Gurami

Sayuran : Jamur, Lobak, Bit Root

Buah : Kiwi, Anggur

Kacang-kacangan : Kacang merah

Diary Product : Keju

Belum banyak sih, semestinya mau kenalin dia terong, belum juga sempet. Benernya udah ada terong di kulkas tapi kenapa setiap kali mau kasih jadi ragu hehehe. Mau kenalin dia juga sama macaroni tapi dimundurin sampai dengan kemarin, di usianya yang sudah 10 bulan hehehe.

Sejauh ini sih tidak ada masalah, baik tanda-tanda alergi ataupun GTM. Puji Tuhan deh. Hanya sedikit acara sembur-sembur kalau Amanda bosen atau ngantuk, gak mau makan. Sempet aku terpancing emosi saat Amanda mulai rewel waktu habiskan sarapannya, aku pukul lengannya dan dia malah nangis kenceng, buyar deh acara makan. Walopun digantiin sama Papa, Amanda tetep gak mau makan. Aku lari dulu ke kamar, nenangin diri hehe maklum saat itu aku emang lagi capek sepanjang pagi, plus datang bulan plus lagi sakit tenggorokan. Ngeliat muka polosnya Nda ngeliatin dari luar sembari nangis-nangis, hatiku pun luluh. Aku angkat dia dari high chair, gendong sebentar sambil minta maaf sama dia. Kemudian aku ajak dia duduk di bawah dan suapin dia pake tangan, akhirnya mau makan walau dikit-dikit.

Hemmm…jadi mikir nih, Tuhan baik ya, Amanda gak pernah GTM berkepanjangan, Tuhan tahu lah kalau aku gak punya stok sabar yang banyak, segitu aja, aku udah senewen. Maafin mama ya Nda. Untung ada si papa, yang lebih telaten nyuapin Amanda. Jadi ketimbang aku suapin Amanda buru-buru yang akhirnya malah berujung drama, mendingan tugas ini aku delegasikan kepada si papa, sementara aku cabut, ngurusin pekerjaan rumah lainnya.

Buat para mama papa yang anaknya lagi belajar makan selama MPASI atau MPSufor, hindari ya tindakan memukul seperti yang aku lakukan atau memaksa anak makan karena sepanjang yang aku baca dari pengalaman orang, tindakan seperti ini malah membuat si anak trauma dengan acara makan dan tiba saatnya nanti dia GTM berkepanjangan. Heh…semoga Amanda lupa sama perlakuanku hehehe, maafin mamanya Nak, Mama jadi feel guilty gini… 😦

Okay, sejauh ini bersyukur karena Amanda termasuk anak yang pinter maemnya. Teksturnya juga udah mulai kasar, terkadang sayurannya tidak lagi aku parut tapi aku potong kecil-kecil dan rebus sampai empuk, jadi bisa dikunyah dengan mudah sama Nda. Tekstur buburnya pun meningkat ke nasi tim. Aku kurang ngerti yah soal perbedaan tekstur bubur (maklum amatiran), yang jelas sekarang nasinya udah gak terlalu berair gitu tapi lebih padat menyerupai nasi lembek gitu lah. Dan untungnya maaf nih pupupnya gak pernah bermasalah, jadi bisa dibilang dia sudah siap naik tekstur ke makanan yang lebih padat. Dia juga jarang sembelit, pernah sih sembelit waktu genap usia 10 bulan, karena aku buatin pisang yoghurt, tapi begitu aku skip dan perbanyak makan pear, lancar jaya deh pupupnya.

Tumbuh kembangnya Amanda gimana? Yayy…mulai tanggal 7 kemarin, Amanda mulai bisa merangkak! Manisnya…dan kami berdua saksi mata pertama perkembangannya dia. Saat itu aku lagi makan, dia tertarik untuk mendekat karena ngeliat kalau menuku adalah sup kacang merah hehehe. Eh…aku perhatikan langkah diam-diamnya, ….dia tidak merayap tapi merangkak. Duh…kecup-kecup Nda, selamat ya nak. Semangat terus latihan merangkaknya ya nak. Walopun kalau dilihat, dia sering gak sabaran kalau pengen ambil mainannya, buru-buru dia merayap karena dengan cara begitu lebih cepet nyampeknya ketimbang dengan merangkak 😆

Oh ya sedikit sempilan cerita tentang Amanda, di bulan ini Amanda udah mulai tertarik dengan anak yang bawa jajan di depannya. Peer nih ngejauhin ponakan yang lagi jajan biar jauh-jauh dari Amanda. Eh…mereka malah makan es loli di depan Amanda sementara Amanda cuma ngeces gitu hehehe, untung dia gak ngeroyok. Terus kemarin juga dapat goodie bag dari sunday school karena kebetulan ada yang ulang tahun. Jajannya banyakkkkk….tapi yang ngabisin Papa dan Mama :mrgreen: Amanda belum boleh ya nak, cukup kamu gigitin bungkusnya aja *ditoyor Manda*

Di bulan ke-9 ada sedikit accident kecil. Lengan Amanda, di atas ketiak kena siram air panas sedikit. Gegara dia mau ambil botol minum susunya yang ditaruh di baskom, lah si papa lupa buang air rebusannya dan Mama lagi sibuk perhatikan milis ubek-ubek cari resep. Untung mataku meleng sedikit dan langsung pegangin tangannya Amanda, jadi cuma kecipratan dikit dan gak sampai tumpah tuh baskom. Seketika Amanda nangis kejer…besoknya baru tahu kalau lukanya gosong gitu dan sesuai saran temen, kita olesin lukanya pakai putih telur dan untunglah beberapa hari lukanya mengelupas dan sembuh, ada sedikit bekas luka tapi perlahan nanti, moga aja hilang bekas lukanya.

Ya sudahlah sekian dulu cuap-cuapnya. Semoga Amanda terus pinter maemnya dan sehat selalu. Amin…

Amanda 9 Month…